Sintang (Antara Kalbar) - Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, Abdurani menargetkan Sintang menjadi Kota Hijau, setelah meraih penghargaan Adipura sebagai Kota Bersih dan Teduh kategori kota kecil.

“Sintang dinobatkan sebagai Kota Bersih dan Teduh kategori kota kecil di Kalbar. Sementara Kota Pontianak juga mendapatkan penghargaan serupa namun kategori kota besar dan Kota Singkawang sebagai kategori kota sedang,” katanya.

Penghargaan Adipura ini diraih setelah selama setahun dinilai oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Abdurani menyampaikan Pemkab Sintang ingin segera mewujudkan Sintang sebagai kota hijau. Berbagai langkah untuk mewujudkan diri sebagai kota hijau ini sedang dilaksanakan seperti membenahi terminal, pasar dan jalan-jalan protokol.

Ia mengatakan terminal, pasar dan jalan-jalan protokol di Kota Sintang akan segera dihijaukan. Karena selama ini terminal dan pasar terlihat sangat gersang. Padahal dalam penilaian Adipura, terminal dan pasar punya skor yang besar. “Kami akan tonjolkan hijau untuk kota bersih dan teduh ini,” katanya.

Dia mengatakan pasar-pasar di Kota Sintang akan segera dihijaukan dengan pembuatan taman dan penanaman pohon. Abdurani juga berencana akan menyiapkan tempat-tempat sampah organik dan non organik di tempat-tempat umum, sekolah dan rumah ibadah.

“Tahun depan kami akan memperbanyak bak sampah ini yang akan kami letakkan di tempat-tempat umum dan rumah ibadah. Senin ini kami juga akan mendengarkan evaluasi Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup yang akan dilaksanakan di Pontianak. Nanti kami akan tahu apa saja kekurangan Sintang yang harus dibenahi,” katanya.

Pewarta: Faiz

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014