Oleh : M Khusyairi

Sanggau (Antara Kalbar) - Perayaan HUT ke - 69 RI di Kota Sanggau dimeriahkan lomba adu cepat mendayung sampan yang diikuti ibu-ibu di kawasan pantai Kelurahan Tanjung Kapuas.
Bupati Sanggau Paolus Hadi yang melepas lomba tersebut mengapresiasi warga yang menggelar berbagai lomba untuk memeriahkan HUT RI kali ini.
“Saya apresiasi warga di Tanjung Kapuas ini, dengan segala keterbatasan, tapi terpanggil untuk memeriahkan HUT RI. Ini jelas bisa terlaksana karena rasa kebersamaan,” ujar Hadi.
Lomba mendayung sampan ini, merupakan hiburan yang dinanti-nanti oleh masyarakat Tanjung Kapuas. Terlebih kegiatan positif ini melibatkan para ibu-ibu rumah tangga. “Kegiatan ini merupakan salah satu wahana untuk mempromosikan potensi Sungai Kapuas kita,” timpalnya.
Selain itu kata Hadi, sampan sebagai alat transportasi air tradisional, hendaknya perlu dilestarikan sebagai warisan budaya dari masyarakat. Terlebih lagi bagi masyarakat di Kabupaten Sanggau yang merupakan bagian dari masyarakat pesisir, keberadaan transportasi air ini pernah memegang peranan penting di masa dahulu. Walaupun pada saat ini telah tergantikan dengan transportasi yang lebih modern.
“Harapannya, generasi muda dan anak anak kita dapat mengenal alat transportasi yang pernah memegang fungsi paling penting dalam sejarah transportasi masyarakat kita,” tuturnya.
Suasana lomba itu semakin meriah, karena hampir semua masyarakat di Kelurahan Tanjung Kapuas, turut menonton semua perlombaan yang digelar.
Sementara Ketua penyelenggara Deny Apriansyah, didampingi ketua pemuda RT 2/RW 5, Yoyok dan salah seorang tokoh pemuda Tanjung Kapuas, Dedi Damhudi mengungkapkan, even itu juga dimeriahkan dengan permainan anak-anak seperti makan kerupuk, lomba main kelereng, bola bajong dan gaplek. “Ini untuk kebersamaan dan terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan dengan warga. Untuk memeriahkan nya, kita gelar berbagai permainan dan perlombaan," katanya.
****

Pewarta: M Khusyaeri

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014