Sungai Raya (Antara Kalbar) - Dinas Koperasi dan UMKM Kubu Raya akan meningkatkan pembinaan terhadap produk kerajinan dan makanan olahan masyarakat pesisir untuk dikemas dan dijadikan produk UMKM unggulan.

"Kita melihat kreativitas masyarakat pesisir pada berbagai kecamatan di kabupaten ini sangat beragam, dan jika dikemas dengan baik tentu bisa menjadi produk unggulan," kata kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kubu Raya, Sutoyo di Sungai Raya, Senin.

Dia mencontohkan, kemampuan masyarakat pesisir yang menunjukkan kreativitas mereka dengan pengolahan hasil laut menjadi berbagai macam produk.

Bahkan, pada kesempatan pameran, Dinas Koperasi dan UMKM siap memamerkan hasil produk UMKM masyarakat.

"Kita melihat kreativitas masyarakat dan pelaku UMKM di sini sangat baik. Makanya kita akan meningkatkan pembinaan untuk mereka," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah memfasilitasi pembuatan IRT hasil olahan masyarakat yang lebih dikenal sebagai produk-produk UMKM, dengan demikian permasalahan yang sering dihadapi dalam hal pengemasan dan pemasaran bisa tidak lagi menjadi kendala untuk pengembangan usaha mereka.

Sebagai tahap awal, pihaknya baru bisa menganggarkan bagi 50 desain kemasan produk UMKM.

"Dengan demikian, kami menginginkan produk-produk asli dari Kubu Raya dikemas rapi, berikut desainnya agar bisa bersaing dengan produk lain dan bisa dipasarkan di luar daerah," katanya.

Sutoyo juga menyatakan, berapapun nilai investasi yang dikucurkan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan sulit terwujud jika masyarakat tidak proaktif melakukan perubahan. Oleh karena itu, dibutuhkan semangat dan kreativitas diri, sebab peranan pemerintah sifatnya hanya mendukung.

Menurutnya, selama ini sudah banyak bantuan modal usaha diberikan kepada pelaku usaha di Kubu Raya, tapi nyatanya hal itu belum membuahkan hasil yang signifikan.

"Berbeda dengan daerah-daerah lain di Indonesia, seperti di Jogjakarta dan Bali dimana masyarakatnya sangat kreatif dan tidak menggantungkan diri kepada pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraannya. Mereka berupaya hidup mandiri dan hal seperti itu yang kita harapkan dilakukan masyarakat Kubu Raya," katanya.

(RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014