Sanggau (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sanggau membentuk tim teknis untuk memantau peredaran dan kesehatan hewan kurban di wilayah itu menjelang Idul Adha 1435 Hijriyah.

"Menjelang Idul Adha ini, kita telah membentuk tim khusus untuk memantau, memonitoring peredaran dan kesehatan hewan kurban," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sanggau, John Hendri.

Ditambahkan pria yang akrab disapa Pak Haji ini, tim yang dibentuk itu beranggotakan belasan personel ini akan diterjunkan ke sejumlah tempat yang terdapat pemotongan hewan saat menghadapi Idul Adha.

"Tim teknis bekerja sama dengan instansi terkait, ada dokter hewannya dan turun ke lapangan," papar dia.

Menurut Pak Haji, tugas tim teknis ini akan melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan hewan kurban sapi dan kambing. "Tujuannya agar daging hewan kurban ini, tetap terjamin kesehatannya, sehingga dagingnya layak dikonsumsi masyarakat," jelas dia.

Sementara untuk persiapan hewan kurban, kata Pak Haji, terdapat di beberapa kecamatan yang merupakan wilayah sentra penghasil hewan kurban berupa sapi dan kambing tersebut, seperti Mukok, Balai Batang Tarang, Meliau, Sekayam dan Kapuas.

"Stok tak masalah, ada beberapa kecamatan menjadi sentra stok kita, belum lagi pasokan dari luar, terkadang juga ada," tegas dia.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014