Pontianak  (Antara Kalbar) - Badan Lingkungan Hidup Kota Pontianak, Kalimantan Barat menargetkan menanam sebanyak 100 pohon pada setiap hari Jumat di jalan-jalan protokol kota itu sebagai penghijauan.

"Hari ini kami menanam sebanyak 100 pohon jenis trembesi di Jalan Achmad Sood, dengan melibatkan staf BLH Kota Pontianak dan duta lingkungan hidup," kata Sekretaris BLH Kota Pontianak Zulkifli di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan penanaman pohon tersebut untuk mewujudkan Kota Pontianak yang hijau dan asri, yang dilakukan baik di areal terbuka maupun di sepanjang jalan-jalan protokol Pontianak.

"Kalau setiap hari Jumat kami bisa menanam 100 pohon saja, berarti satu bulan sekitar 400, dan setahun hampir 4.000 pohon yang ditanam," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli mengajak seluruh masyarakat untuk menanam pohon di pekarangan rumahnya masing-masing paling sedikit dua pohon.

"Kami berharap semua pihak peduli terhadap masalah penghijauan karena ini tidak hanya tugas pemerintah saja melainkan seluruh masyarakat," ujarnya.

Menurut Zulkifli hari ini merupakan hari perdana dilaksanakannya penanaman pohon bersama duta lingkungan hidup.

Sementara itu, Duta Lingkungan Hidup Favorit Ekoregion Kalimantan 2012, Indarci menyatakan sebagai duta lingkungan hidup, ia bersama rekan-rekannya turut serta menanam pohon bersama BLH karena kegiatan ini juga merupakan bagian dari program mereka dalam mewujudkan kota hijau.

"Pohon itu sumber kehidupan, kita menghirup udara setiap detiknya, sehingga setiap pohon harus dijaga jangan sampai ditebang," katanya.

Indarci berharap dengan keterlibatan duta-duta lingkungan hidup dalam kegiatan penghijauan seperti yang dilakukan pada hari ini, paling tidak generasi muda tidak sekadar memikirkan perkembangan kota saja tetapi selaras juga dengan perkembangan penghijauan kota tersebut.

Indarci tak ingin kegiatan penghijauan yang dilakukan pada saat ini, hanya sekadar seremonial saja, tetapi dilakukan secara berkelanjutan dalam menciptakan Kota Pontianak hijau.

"Ini juga bukan kegiatan yang pertama kalinya kami lakukan, kami sudah seringkali melakukan penanaman pohon, baik itu di instansi, sekolah atau di sepanjang jalan bahkan di luar daerah juga," ujarnya.

Pemerintah Kota Pontianak menargetkan bisa menanam satu juta pohon hingga tahun 2016.


(U.A057/B/N005/N005) 17-10-2014 14:06:58

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014