Sekadau (Antara Kalbar) - Seminar peningkatan wawasan kebangsaan yang dihelat di gedung Kateketik, jalan Rawak, Rabu (22/10). Kegiatan tersebut tak dihadiri satupun pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) ataupun perwakilan masing-masing SKPD, selain Kaban PM Kesbang Pemdes.

“Sayang tidak ada satupun kepala SKPD yang datang. Seharusnya kegiatan seperti ini dipandang penting,” ungkap Bupati Sekadau, Simon Petrus di sela sambutannya.

Seminar yang dihadiri Wakapolres Sekadau, Pabung Kodim 1204 Sanggau, Asisten I Setda Kabupaten Sekadau, perwakilan Badan Kesbangpol Kalbar, Danramil Sekadau Hilir, tokoh-tokoh masyarakat para guru. Kegiatan yang dibuka langsung oleh orang nomor satu di Kabupaten Sekadau itu tak terlihat satupun kepala SKPD yang hadir. Tidak diketahui apakah masing-masing kepala SKPD memiliki halangan untuk datang mengikuti kegiatan tersebut atau tidak mengetahui jika seminar kebangsaan akan dilaksanakan.

"setiap warga negara wajib mensyukuri kemerdekaan yang merupakan hasil perjuangan para pejuang yang rela menumpahkan darahnya demi kemerdekaan. Salah satu cara mengisi kemerdekaan yakni dengan menjaga keutuhan negara serta menanamkan rasa nasionalisme dalam diri masing-masing," lanjutnya.

Dia mengatakan lebih lanjut, nasionalisme wajib ditanamkan dalam diri warga negara. NKRI lahir dari berbagai pengalaman dari sejak dijajah Portugis, Belanda dan Jepang yang punya karakter berbeda. "Bayangkan bagaimana usaha para pejuang dalam mewujudkan kemerdekaan. Ini harus kita sadari betul. Sekarang kita tinggal menikmati kemerdekaan, tugas kita bagaimana agar kemerdekaan ini sesuai dengan cita-cita para pejuang," katanya.

"Kita juga menginginkan agar para peserta dapat menularkan semangat kebangsaan kepada lingkungan masing-masing. Saya berharap wawasan kebangsaan bisa ditularkan kepada murid-murid dan masyarakat di lingkungan sekitar anda masing-masing,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Badan PM Kesbang Pemdes Kabupaten Sekadau, Bayu Dwi Harsono mengatakan, seminar akan dilangsungkan selama satu hari penuh. Peserta yang dilibatkan merupakan kalangan guru, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Jumlah peserta 60 orang. Pemateri berasal dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalbar serta Badan PM Kesbang Pemdes Kabupaten Sekadau.

"Adapun materi yang disampaikan dalam seminar diantaranya optimalisasi pemahaman nilai-nilai kebangsaan untuk penguatan kesadaran dalam kehidupan bernegara serta memperdalam pemahaman pilar-pilar kebangsaan," pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014