Sungai Raya (Antara Kalbar) - Warga Desa Teluk Kapuas Kecamatan Sungai Raya menanam pohon buah-buahan di sepanjang jalur Jalan Adi Sucipto Kabupaten Kubu Raya agar dapat dimanfaatkan untuk penghijauan dan meningkatkan perekonomian mereka.

"Kami bermaksud menciptakan lingkungan yang indah, sejuk dan nyaman terkait dengan program penghijauan penanaman pohon yang kaya banyak manfaat," kata Kepala Desa Teluk Kapuas, Halim di Sungai Raya, Minggu.

Dia menjelaskan, penanaman pohon tersebut juga dilakukan untuk menggantikan tanaman lama yang ada saat ini karena sudah tua dan dikhawatirkan membahayakan keselamatan pengguna jalan jika pohon tersebut tumbang.

Halim mengatakan, pepohonan yang ada di sepanjang jalan Adi Sucipto, khususnya di Desa Teluk Kapuas sebsgian besar sudah berumur tua.

"Ini tentu sangat berbahaya saat musim hujan, khususnya saat angin kencang, karena hal ini sangat berbahaya bagi masyarakat terutama kepada pengguna jalan yang melewati jalan Adi Sucipto," katanya.

Ia menambahkan, kondisi pohon di sepanjang Jalan Adi Sucipto tersebut kurang diperhatikan pemerintah terkait. Ditunjukkan sejauh ini penebasan dahan pohon tidak secara menyeluruh, bahkan kenyataannya pepohonan banyak condong ke jalan raya.

"Pohon ini ditebas sebelah-sebelah. Di belakang pohon tersebut terdapat tiang listrik dan aliran kabel-kabel PLN, sehingga sangat berbahaya apabila pohon tersebut tumbang dan menimpa jaringan listrik maupun ke jalan raya," tuturnya.

Halim menambahkan, masyarakat berinisiatif melakukan program lingkungan yang sekaligus membantu pemerintah mengenai penataan lingkungan hijau di Kabupaten Kubu Raya.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kubu Raya, Aswin Fuad mengatakan mendukung program pemerintah maupun dari elemen masyarakat, karena dengan adanya ide dan inisiatif masyarakat terkait kepeduliannya terhadap lingkungan, sangat baik lagi pemerintah bersama instansi terkait terus melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

"Sejauh ini khususnya di bulan Oktober kami telah melakukan penanaman 30 ribu pohon di kawasan pesisir pantai Sepok Laut kecamatan Sungai Kakap. Kami mengajak bersama seluruh masyarakat peduli terhadap lingkungan sekitar, terutama manfaat bagi kehidupan manusia," katanya.  

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014