Sungai Raya (Antara Kalbar) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kubu Raya Kalbar, mengharapkan pemerintah setempat segera memperbaiki jalan Perdamaian, di Desa Punggur, Kecamatan Sungai Kakap karena kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

"Tidak hanya pada jalan itu, kami harapkan beberapa jalan yang banyak dimanfaatkan masyarakat yang kondisinya sudah rusak parah agar bisa diperbaiki pemerintah kabupaten," kata Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya, Nurdin di Sungai Raya, Minggu.

Dia menjelaskan, khusus untuk jalan Perdamaian tersebut, mobilitas masyarakat sekitar Desa Punggur yang melintasi jalan tersebut cukup tinggi. Jika jalan tidak ditingkatkan, dikhawatirkan perekonomian masyarakat setempat akan menurun.

Menurutnya selama ini Pemerintah Kubu Raya memang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur di Kecamatan Kakap termasuk Desa Punggur. Namun anggarannya dinilai sangat terbatas sehingga pembangunan yang dilakukan masih jauh dari harapan masyarakat.

"Ke depan saya berharap Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bisa lebih meningkatkan alokasi anggaran bagi setiap kecamatan di Kubu Raya, terutama Kecamatan Kakap yang memang mobilisasi penduduknya cukup tinggi," katanya lagi.

Adanya peningkatan alokasi anggaran pembangunan, dia mengatakan, optimistis bisa memicu pertumbuhan pembangunan di setiap kecamatan.

Selain soal infrastruktur jalan, Nurdin juga menyinggung masih minimnya sekolah negeri di Sungai Kakap, terutam di sekitar perbatasan antara Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

"Karena letaknya berbatasan langsung dengan Kota Pontianak, bagi warga Kakap yang nilainya standar, harus bersaing ekstra untuk dapat masuk ke sekolah negeri di Pontianak. Karena Pemerintah Kota Pontianak memberikan batasan hanya lima persen menerima warga daerah lain untuk sekolah di Pontianak," katanya.

Bagi warga Kubu Raya yang tidak tertampung di sekolah negeri terdekat di Kota Pontianak, kata Nurdin terpaksa masuk ke sekolah swasta dengan biaya yang jauh lebih mahal.

"Untuk memberikan kemudahan akses bagi warga mendapatkan pendidikan, saya juga berharap ke depan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bisa meningkatkan pembangunan bidang pendidikan di Kubu Raya," kata Nurdin. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014