Jakarta (Antara Kalbar) - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku akan mempertimbangkan "brand" atau slogan baru untuk pariwisata Indonesia.

Sebelumnya, Indonesia menggunakan brand "Wonderful Indonesia" sejak 2011, menggantikan "Visit Indonesia".

"Akan kita pikirkan. Kalau tetap (brand lama), akan saya 'relaunch'. Kalau ada yang baru akan saya 'launch'. Apakah akan gunakan 'Wonderful Indonesia' atau 'Remarkable Indonesia', yang pasti tidak boleh terlalu banyak," kata Arief usai acara serah terima jabatan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Selasa.

Menurut Arief, guna memaksimalkan fungsinya, brand pariwisata Indonesia harus satu. Artinya, brand tersebut harus secara sepakat digunakan oleh semua kalangan.

"Misalkan 'Indonesia WOW (world of wonderful)'. Tapi kita harus sepakat. Saya, wartawan, semua sepakat gunakan satu brand yang kuat untuk Indonesia," ujarnya.

Brand pariwisata sudah lama diterapkan di berbagai belahan dunia. Malaysia, misalnya, menggunakan brand "Malaysia, Truly Asia" yang disebut-sebut sebagai slogan pariwisata paling sukses di Asia.

Pasalnya, slogan itu telah menarik hingga 28 juta wisatawan mancanegara dan meraih penghargaan "Best Long Term Marketing and Branding Campaign Gold Awards" pada 2008.

Slogan pariwisata lain di Asia misalnya "Brunei, the Green Heart of Borneo" (Brunei Darussalam), "Cambodia, Kingdom of Wonder" (Kamboja), "Laos, Simply Beautiful" (Laos), "Mystical Myanmar" (Myanmar), "It's More Fun in the Philippines" (Filipina), "Your Singapore" (Singapura), "Amazing Thailand, Always Amazes You" (Thailand) dan "Vietnam, Timeless Charm" (Vietnam).

(A062/C. Hamdani)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014