Sekadau (Antara Kalbar) -  Sebanyak 136 orang tenaga honorer kategori 2 (K2) dinyatakan lolos dalam seleksi tahun 2014. Mereka dikumpulkan untuk menerima pengarahan dari Bupati Sekadau pada Senin (24/11) di aula kantor bupati.

"Para tenaga honorer tersebut telah dinyatakan lulus oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan siap diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pengarahan ini dalam rangka menjelang pengangkatan pegawai K2 menjadi PNS supaya nanti siap segala sesuatunya,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sekadau, Markus Aron Aput.

Dia memaparkan jika para tenaga honorer ini berasal dari latar belakang yang bervariasi. Sebagian besar diantaranya merupakan tenaga fungsional seperti guru, dan sebagian lainnya ada yang bertugas sebagai tenaga struktural di instansi pemerintah.

Sementara itu, Bupati Sekadau Simon Petrus dalam arahannya mengatakan, tenaga honorer K2 yang akan diangkat merupakan pekerja yang aktif dan benar-benar bekerja. Pengajuan nama-nama mereka ke Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga merupakan usulan dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Bupati.

“Bupati sudah pasang badan mempertangungjawabkan pengajuan honorer K2. Sebagian dari para tenaga honorer ini belum memenuhi jenjang pendidikan yang layak untuk menunjang posisinya sebagai PNS ketika sudah diangkat kelak. Karena itu, Bupati berpesan agar para honorer mengikuti ijin belajar minimal D3 atau D4 dan S1. Ini tuntutan, jadi sedapat mungkin dipenuhi,” pesan Simon.

Bupati juga mewanti-wanti agar tenaga honorer yang tidak lama lagi akan menerima SK sebagai PNS untuk lebih giat bekerja sehingga tidak mengecewakan pemerintah daerah. Keberadaan K2, merupakan hal yang sangat penting karena mampu mengisi kekurangan personil di masing-masing instansi pemerintah. Apalagi, rata-rata K2 telah menempuh massa pengabdian yang relatif lama.

“Patut kita apresiasi peran para tenaga honorer yang selama ini telah banyak membantu pemerintah daerah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pengangkatan sebagai PNS merupakan bentuk penghargaan pemerintah atas jasa bapak ibu sekalian. Penyerahan SK PNS kepada 136 tenaga honorer K2 sendiri dikabarkan akan dilangsungkan dalam kurun waktu yang tidak lama lagi," pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014