Sekadau (Antara Kalbar) - Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sekadau terus mematangkan berbagai persiapan dalam rangka mengikuti festival budaya melayu (FBM) Kalbar ke-X di Kabupaten Kapuas Hulu yang akan dihelat 16-23 Desember 2014 mendatang.

“Kita akan berangkat 16 Desember, namun sebelumnya akan dilaksanakan acara pelepasan yang rencananya dihadiri pejabat Kabupaten Sekadau dan sejumlah tokoh Melayu,” ujar Sunardi, Ketua MABM Kabupaten Sekadau, Sabtu (6/12).

Pengurus inti  MABM Kabupaten Sekadau mengelar rapat pemantapan di sekretariat MABM Kabupaten Sekadau Jl.Merdeka Barat untuk membahas persiapan yang akan dimantapkan jelang event akbar tersebut.

"Panitia, sudah melakukan persiapan sejak dua bulan lalu. Persiapan fisik, mental serta dana telah diupayakan sebaik dan sesiap mungkin  guna menghadapi pertandingan demi pertandingan dalam festival budaya. Kita tidak ingin sekedar berpartisipasi, kita harus bisa berprestasi,” tekad Sunardi.

Sementara itu, Ketua Kontigen MABM Kabupaten Sekadau, Zulkifli HS mengatakan, beberapa cabang seni budaya melayu yang akan diikuti oleh MABM Kabupaten Sekadau, antara lain hadrah, stand pameran, dendang Melayu, jepin, pencak silat, lomba sampan tradisional dan seminar budaya Melayu.

"Panitia mengambil peserta dari tiap-tiap kecamatan untuk mewakili MABM Sekadau di masing-masing cabang pertandingan. Misalnya, jepin dari Kecamatan Nanga Taman, hadrah dan dayung tradisional dari Kecamatan Sekadau Hilir, pencak silat dari Kecamatan Sekadau Hulu, dendang Melayu dari Kecamatan Nanga Mahap dan sebagainya. Jumlah kontingen yang akan diberangkatkan berjumlah sekitar 102 orang dari 6 tangkai seni yang akan diikuti,” jelas Zulkifli.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014