Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Kalimantan Barat kembali mendirikan Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) di Pontianak.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Markas Besar Kepolisian RI, Komjen (Pol) Putut Eko Bayuseno saat peletakan batu pertama pembangunan BKPM, di kompleks Mega Mal A Yani, Jalan Ahmad Yani, Jumat, mengapresiasi kemitraan positif antara Pemerintah Kota Pontianak dengan Kepolisian Daerah Kalbar tersebut.

"Kita lihat disini, kompleks Mega Mal ini kawasan ramai. Pasti ada potensi-potensi kerawanan. Jadi kita dekatkan pelayanan polisi ke masyarakat agar permasalahan dapat diselesaikan dengan lebih cepat," katanya.

BKPM ini merupakan implementasi dari visi dan misi Kapolri yang secara spesifik menginstruksikan untuk menggelar aparat di lapangan sebanyak mungkin.

"Sesuai instruksi Kapolri, diharapkan di setiap kelurahan ada minimal satu orang petugas polisi untuk bekerja sama dengan pihak terkait seperti Pemerintah Kota Pontianak dan tokoh masyarakat dan agama untuk mewujudkan Kamtibmas," ujar Kabaharkam Mabes Polri yang hadir didampingi Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto dan Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

Sementara Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memastikan akan terus mendukung dan memfasilitasi pendirian serta pelaksanaan BKPM di Kota Pontianak.

"Tahun depan sudah kami rencanakan akan dibangun 2 atau 3 BKPM lagi di kawasan Pontianak Timur dan Pontianak Utara," katanya menjelaskan.

Ia menambahkan keberadaan BKPM ini sangat dibutuhkan di masyarakat untuk percepatan-percepatan tindakan penyelesaian masalah. "Kalau ada BKPM masyarakat bisa lebih cepat untuk melapor kejadian atau permasalahan terkait Kamtibmas, tidak perlu lagi jauh-jauh ke Polres atau Polsek," ujar Edi.

Perwakilan tokoh masyarakat Arif Chandra mengapresiasi didirikannya BKPM di kawasan Mega Mal tersebut.

"Di kawasan ramai seperti Mega Mal, membutuhkan adanya pelayanan seputar Kamtibmas oleh kepolisian," ujarnya.

Ia menambahkan dengan adanya BKPM secara tidak langsung bisa meningkatkan rasa aman para pengunjung kawasan AYani Mega Mal.

Sepanjang tahun 2014, Pemerintah Kota Pontianak telah membangun dua BKPM, yaitu di kawasan Pasar Flamboyan dan di Jalan Tanjungpura. 

(N005/Y008)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014