Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kabupaten Kubu Raya akan mewakili Provinsi Kalimantan Barat ke tingkat nasional pada kegiatan Gerakan Sayang Ibu (GSI) setelah berhasil meraih lima penghargaan pada kegiatan serupa dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-86 tingkat provinsi.

"Dari kelima piala yang diraih tersebut satu di antaranya kegiatan GSI meraih juara umum, kemudian Program Peningkatan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) raih juara umum. Lalu 10 program PKK juara 1, Toga (Tanaman Obat Keluarga) juara 2, dan Posyandu juara 2, dengan hasil itu akhirnya kami menjadi Duta perwakilan Kalbar di tingkat nasional, dan juga Ketua Tim PKK sudah berangkat ke Jakarta mendampingi tim dari Kubu Raya," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, di Sungai Raya, Jumat.

Menurutnya, dengan hasil itu hendaknya dapat menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat lainnya di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kubu Raya untuk menunjukkan berbagai potensi yang dimiliki.

"Seperti Toga atau tanaman obat keluarga itu, masyarakat bisa memanfaatkan halaman atau pekarangan rumahnya, karena meskipun kecil untuk kegiatan menanam sekaligus bermanfaat untuk kesehatan, dan juga memperindah lingkungan halaman rumah," katanya.

Ia memberikan motivasi kepada masyarakat agar tetap semangat dan sadar terhadap pola hidup bersih dan sehat, karena sejauh ini pemerintah tidak memberikan apapun, namun hanya bersifat memberikan dorongan untuk terus masyarakat termotivasi.

"Hal ini jelas menunjukkan sifat kemandirian dari masyarakat untuk berpikir maju, bahwa dengan pola hidup bersih dan sehat keluarga itu lebih tenang dan juga masyarakat sejahtera," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala BP2AKB Kubu Raya, Titus Nursiwan menuturkan, sejauh ini Pemkab Kubu Raya di tingkat provinsi telah menjadi juara umum dengan meraih lima penghargaan. Untuk itu, ke depannya hal itu terus dikembangkan demi kemajuan daerah yang hingga kini semakin berkembang.

"Ketua Tim PKK yaitu Ibu Endang Rusman Ali saat ini sudah berangkat ke Jakarta bersama tim PKK lainnya, dan juga Camat Rasau Jaya dari Kepala Desa Pematang Tujuh dari Kubu Raya untuk menerima hadiah dari pemerintah pusat terkait dengan apresiasi ini," kata Titus.

Dia berharap kepada pemerintah desa yang menjadi pemenang ini dapat menjadi contoh untuk desa-desa lain di Kabupaten Kubu Raya agar terus meningkatkan motivasi dan jga program-program yang ada dengan peran serta dan dukungan SKPD di Kubu Raya.

"Kami akan terus melakukan pembinaan kepada masyarakat dengan program-program tersebut, tentu bersama masyarakat untuk terus bekerja sama dengan SKPD lainnya yang telah mendapatkan arahan dari bupati dan jajarannya, serta partisipasi dari masyarakat," kata dia 

(KR-RDO/B012)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014