Sekadau (Antara Kalbar) - Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Sekadau melakukan penanaman pohon di lingkungan sekitar kantor baru Camat Sekadau Hilir di Jalan Sekadau-Rawak KM 3, guna mengurangi dampak pemanasan global.

"Kegiatan penanaman pohon ini kami lakukan untuk mencegah pemanasan global. Ini sesuai dengan instruksi dari KaKwarnas tentang penanaman pohon oleh Pramuka secara serentak pada hari ini dengan program satu pramuka satu pohon," ujar Kepala Kwartir Cabang Pramuka Sekadau, Isnaini kepada wartawan disela kegiatan penanaman pohon itu.

Kegiatan penanaman pohon itu dipimpin langsung Kepala Kwartir Cabang Pramuka Sekadau, H. Isnaini. Hadir juga Camat Sekadau Hilir, Hermanto beserta sejumlah Andalan Cabang Pramuka seperti Azis Yaqob, H Edy Lukman , Abdul Wahab, drg Elsa Satyaningsih, Megawati, serta sejumlah pengurus Pramuka lainnya.

"Kegiatan penanaman pohon itu diikuti peserta pelatihan Gladian Pimpinan Regu (Danpinru) dan peserta Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) dari semua kecamatan se-Kabupaten Sekadau yang tengah melakukan pelatihan di Sekadau. Ada 100 pohon dari jenis mahoni, gharu, durian, petai dan langsat yang ditanam dalam acara tersebut," lanjutnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kita untuk memerangi pemanasan global. Kita sengaja memilih lokasi di Kantor Camat Sekadau Hilir, karena lokasi ini masih baru dan masih gersang.

"Kita juga berharap kegiatan tersebut bisa menjadi contoh bagi jajaran pemerintah di tingkat bawah, karena kecamatan adalah pusat pemerintahan di tingkat Kecamatan. Kita juga menginstruksikan kepada jajaran Kwarran (Kwartir Ranting) di tingkat kecamatan untuk melakukan kegiatan serupa,” lanjut pria yang juga legislator pal 9 Kabupaten Sekadau dari partai berlambang beringin itu.

Sementara itu, Camat Sekadau Hilir, Hermanto, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan gerakan Pramuka Sekadau yang di dalamnya juga diikuti anggota komunitas Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Kabupaten Sekadau.

"Kegiatan ini sangat positif. Atas nama pribadi dan pemerintah Kecamatan Sekadau Hilir, kami mengucapkan terima kasih," katanya.

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014