Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menargetkan pada tahun 2015 ruas jalan provinsi yang dikelola 80 persen diantaranya dalam kondisi mantap.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar Jakius Sinyor saat dihubungi di Pontianak, Selasa, kondisi jalan yang dikelola provinsi sekarang sudah 75 persen yang kondisinya mantap untuk dilalui.

"Dengan anggaran yang ada, diharapkan naik lima persen menjadi 80 persen," kata Jakius Sinyor.

Ia melanjutkan, pada tahun 2015, Provinsi Kalbar mendapat alokasi hampir Rp3 triliun untuk pekerjaan umum. "Termasuk di dalamnya untuk jalan, sumber daya air, jembatan dan sebagainya," kata mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Landak itu.

Selain itu, dana tersebut juga untuk pengerjaan jalan Trans Kalimantan poros tengah. Ruas jalan tersebut mulai dari Tayan, Sosok, Sanggau, Melawi hingga menuju perbatasan Kalbar dengan Kalimantan Tengah.

Saat ini, untuk Jalan Trans Kalimantan Poros Selatan, yang melewati rute Tayan, Nanga Tayap hingga perbatasan Kalbar dengan Kalteng, sudah dapat dilewati. Jalan tersebut juga sudah beraspal hingga ke Kalteng.

Secara keseluruhan, ditargetkan seluruh ruas jalan provinsi mendekati 100 persen kualitasnya mantap.

Ia mengakui, masih ada yang kondisinya rusak parah. "Karena jalan yang dikelola cukup panjang, sekitar 1.500 kilometer," katanya.

Sedangkan untuk ruas jalan dari Tayan menuju Sanggau melalui Sosok, akan dikerjakan dalam waktu dekat setelah proses tender tuntas. "Nilainya sekitar Rp500 miliar," kata Jakius Sinyor.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015