Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan, pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2015, pihaknya akan memfokuskan pada pemerataan pembangunan dengan menitikberatkan pembangunan jalan poros dan peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan.

"Ini menjadi salah satu tujuan utama dari kinerja kita pada tahun 2015 ini. Untuk memeratakan pembangunan, jelas harus dilakukan pembangunan jalan poros terlebih dahulu sebagai urat nadi perekonomian masyarakat. Namun, kita juga akan tetap fokus pada upaya peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan seperti pertanian, perikanan dan ekonomi kreatif yang kita yakini mampu menjadi percepatan pembangunan di Kubu Raya," kata Rusman Ali di Pontianak, Kamis.

Menurut dia, pada masa pemerintahannya yang memasuki usia satu tahun, memang belum akan bisa dilihat secara langsung dampak dari program pembangunan yang dilakukan. Karena pada tahun pertama ini pihaknya lebih fokus kepada penataan birokrasi.

Namun, dia juga mengatakan cukup banyak sektor pembangunan dan terus mengalami kemajuan, dimana hingga tahun 2014 perjalanan Kubu Raya secara umum terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Perkembangan indikator ekonomi makro daerah kabupaten Kubu Raya, dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan peningkatan yang sangat tinggi dari tahun 2009 yang mencapai 5,87 persen dan hingga saat ini menjadi 6,77 persen yang merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat," katanya.

Selanjutnya, pada tahun ini Pemerintah Kubu Raya menargetkan bisa meningkatkan pembangunan Kubu Raya di semua sektor, baik fisik maupun non fisik dengan pencapaian yang lebih baik.

Di antaranya, lanjut Hermanus, peningkatan pelayanan infrastruktur jalan dan sarana-prasarana pelayanan kepada masyarakat juga dalam upaya peningkatan pencapaian IPM yang lebih baik.

Peningkatan pencapaian opini bagi LKPD Kubu Raya yang diharapkan bisa pada target WTP.

"Pada tahun pertama kepemimpinan kami ini, lebih memfokuskan pada pembenahan struktural organisasi pemerintahan untuk menyempurnakan pelayanan dasar kepada masyarakat. Baru pada tahun-tahun berikutnya kita akan memfokuskan pada pembangunan sarana dan prasarana sosial serta peningkatan ekonomi masyarakat," katanya. 

(KR-RDO/F003)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015