Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Puluhan pelajar dari SMA Negeri 1 Nanga Pinoh menerima bonus dan penghargaan dari Bupati Melawi, Firman Muntaco. Pelajar ini berhasil menjadi juara di berbagai ajang lomba di tingkat Provinsi Kalbar.

Ada yang berhasil meraih juara di ajang cerdas cermat, debat bahasa inggris, sampai yang terbaru meraih juara kedua di ajang Invitasi Bola Voli (IBV) yang diselenggarakan Fakultas Teknik Untan.

Penyerahan bonus dan penghargaan inipun dilakukan sebelum pelaksanaan senam bersama di Terminal Bus Sidomulyo Nanga Pinoh, Jumat (13/3) pagi. Para siswa yang menerima penghargaan didampingi langsung oleh orang tua serta para guru dan kepala sekolah.

Ditemui usai menyerahkan bonus dan penghargaaan, Firman Muntaco mengatakan hal tersebut dilakukan untuk memberikan motivasi dan penghargaan kepada para pelajar yang memiliki kemampuan lebih.

“Mereka ini sebenarnya belum pernah keluar ikut di tingkat provinsi, tapi sekali keluar berhasil menjadi juara di Kalbar. Mulai dari cerdas cermat sampai debat bahasa inggris,” ujarnya.

Hasil tersebut, kata Firman menunjukkan bahwa banyak siswa berbakat di Melawi. Program Melawi Cerdas yang dicanangkannya juga sudah terus berjalan. Apalagi prestasi yang diraih ini baru berasal dari satu sekolah saja.

“Belum lagi dari sekolah sekolah lain. Ini juga membuktikan Melawi Cerdas sudah mampu bersaing hingga ke tingkat provinsi,” katanya.

Firman pun memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih pada para guru dan orang tua murid termasuk para siswa. Bahkan Pemkab juga kedepannya bisa menyiapkan beasiswa kepada mereka yang meraih prestasi tinggi.

“Sebenarnya tiap tahun ada, tapi selama ini kan lebih diarahkan pada mereka yang tidak mampu, atau mereka yang berprestasi tapi memiliki kesempatan untuk melanjutkan sekolahnya kecil. Nah ini bisa kita berikan, sesuai dengan kemampuan anggaran,” katanya.

Beasiswa inipun, lanjut Firman tak hanya diarahkan pada para pelajar. Tapi juga ditingkat mahasiswa. Seperti STKIP Melawi bila ada yang berprestasi, bisa diberikan beasiswa S2. Sedangkan untuk para pelajar, beasiswa diberikan untuk melanjutkan berkuliah di sejumlah kampus pada jurusan-jurusan tertentu.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Nanga Pinoh, Abdul Hadi menerangkan, juara yang diraih anak didiknya berupa debat bahasa inggris tingkat provinsi meraih juara IV, cerdas cermat empat pilar Negara yang diselenggarakan MPR dan Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar meraih juara tiga serta juara dua di ajang IBV yang diselenggarakan pada Maret lalu.

“Walau berhasil meraih juara, kita tetap menargetkan yang terbaik untuk selanjutnya sehingga prestasinya bisa ikut meningkat. Kalau sudah juara IV mungkin kalau turun lagi para siswa ini bisa meraih juara I,” ujarnya.

Abdul Hadi mengatakan, para siswa yang turun dalam berbagai lomba tersebut memang hanya dibina dan dilatih di dalam sekolah saja, tanpa melibatkan atau meminta bantuan dari pihak luar.

“Tapi luar biasa anak-anak tetap bisa berprestasi walau dengan racikan sendiri, dan sebagian besar juga baru pertama kali mengikuti lomba tersebut,” terangnya.


Pewarta: Eko

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015