Meliau (Antara Kalbar) - Ribuan ulat bulu menyerang sejumlah pohon mangga jenis kweni di Desa Kuala Buayan, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, dalam beberapa hari terakhir.
    "Sudah tiga hari ini ada ulat bulu itu menyerang pohon asam milik warga yang parahnya di RT 7," ujar Kepala Desa Kuala Buayan, Syechk Sukardi.
    Menurut Sukardi, ulat itu menyerang daun pohon asam, sebutan warga setempat untuk mangga kweni, hingga meranggas. "Daun pohon asam milik warga ada yang habis, dimakan ulat bulu itu," timpal dia.
    Sementara menurut Adi Darmadi, pengurus desa setempat, ribuan ulat bulu api itu menyerang tanaman dan menempel di pepohonan. Bahkan akibat serangan ulat api itu, diduga telah membuat pohon asam mati. Begitu pula dengan nasib pohon-pohon lain yang diserang oleh ribuan ulat bulu itu.
    "Yang paling parah, ulat bulu api itu menyerang pohon asam milik warga bernama Abdul Rani. Pohon asamnya langsung mati, warga ingin membakar ribuan ulat bulu itu, tapi jaraknya sangat berdekatan dengan rumah, takut berbahaya," tuturnya.
    Kejadian kapan ribuan ulat bulu itu menyerang tidak diketahui oleh warga-warga yang pekarangannya menjadi sasaran. Namun, hingga Minggu (15/3), gerombolan ulat bulu api itu masih ditemukan.
    Atas kejadian itu Adi menuturkan, telah menyampaikan kejadian itu kepada pihak Kecamatan Meliau berikut mengirimkan foto-foto. “Kami sudah memberitahukan kejadian ini kepada pihak kecamatan juga,” tuturnya.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015