Sekadau (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sekadau Rupinus meresmikan taman pendidikan anak usia dini (PAUD) Batu Jatok Desa Pantok Kecamatan Nanga Taman, Kamis.  

Wakil Bupati Rupinus memberikan apresiasi kepada Wahana Visi Indonesia (WVI)  yang sudah membangun  sarana pendidikan berupa gedung PAUD di Kabupaten Sekadau, di Empring Desa Engkersik Kecamatan Sekadau Hilir dan di Desa Pantok Kecamatan Nanga Tama.
 
Menurut Rupinus, WVI salah satu LSM yang banyak membantu masyarkat terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

"WVI salah satu LSM yang banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat, untuk itu kita tetap berharap ada dukungan dari masyarakat sehingga apa yang menjadi program pemerintah dapat tercapai," katanya.
 
Selain itu Rupinus juga meminta kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau agar menginventarisir apa saja yang menjadi kebutuhan PAUD Batu Jato Desa Pantok, termasuk juga pihak desa.

"Silakan diinventarisir oleh Dikpora Kabupaten Sekadau, apalagi PAUD ini baru berdiri, dan kita harapkan bisa semakin berkembang untuk itu saya juga minta kepada pihak desa agar membantu para tenaga tutor melalui Alokasi Dana Desa (ADD).  Aturannya, boleh silakan Kades untuk melakukan kerja sama membantu PAUD ini," katanya.

Rupinus berharap agar bangunan tersebut dapat dijaga dan dirawat, sebab membangunnya mudah tetapi memeliharanya sulit.

"Jaga kebersihannya, silakan ditanami dengan tanam-tanaman sehingga nampak asri dan indah," imbuhnya.

Tampak ikut hadir mendampingi wakil bupati Sekadau, Kepala Bagian Pembangunan Yohanes Paulus, Kasat Pol PP YS. Batur, Camat Nanga Taman Afronius Akim Sehan, Manager WVI Kabupaten Sekadau Ignasius Anggoro, para kepala desa orang tua murid dan masayarakat setempat.

Kedatangan wakil Bupati Sekadau dan rombongan disambut antusias oleh masyarakat Dusun Empring dengan tarian adat Dayak dan Pancong Tebu Muda. Barisan pagar betis terdiri yang dari anak-anak dan orang dewasa ikut menyambut kedatangan calon bupati Sekadau periode 2015-2020.
 
Dengan wajah senyum dan ramah satu persatu anak-anak dan orang dewasa bahkan orang tua disalami oleh wakil Bupati Sekadau. Sesekali orang nomor dua di Bumi Lawang Kuari ini menanyakan nama anak-anak PAUD dan anak sekolah.

Wajah lugu anak-anak nampak berbinar-binar menyaksikan gedung tempat mereka menimba ilmu pengetahuan yang selama ini mereka dambakan menjadi sebuah kenyataan.
 
Kepala Desa Pantok Anto, mengatakan bangga sekaligus memberikan apresiasi yang tulus kepada Pemkab Sekadau melalui WVI, karena telah membangun sarana pendidikan berupa gedung  PAUD yang selama ini menjadi impian msyarakat di Dusun Empring dan masyarakat Desa Engkersik.

"Atas nama masyarakat desa pantok saya mengucapkan terima kasih, karena desa pantok dipilih menjadi desa yang dibangun gedung paud. Banyak hal yang sudah pemerintah bantu untuk desa kami ini, untuk itu kami mengucapkan terima kasih," ujar anto.
 
Sementara itu Manager Area WVI Kabupaten Sekadau Iqnasius Anggoro mengatakan, pembangunan gedung PAUD Bunda Kasih Empring ini memakan waktu kurang lebih dua bulan. "Pelaksanaan pembangunan gedung tersebut termasuk sangat cepat, ini semua berkat kerja sama masyarakat bersama WVI dan Pemkab Sekadau," jelasnya.
 
Dana yang dikucurkan oleh WVI untuk pembangunan Paud Batu Jato Pantok senilai Rp150 juta, ada juga dana dari masyarakat desa pantok yang disebut Hari Orang Kerja (HOK) atau gotong royong.

Dia mengatakan, dana yang digunakan untuk membangun berasal dari bantuan World Vision Espana melalui Fundacion Caja Navarra.
 
Perlu diketahui bahwa hingga saat ini sudah ada dua PAUD yang telah dibangun pihak WVI. Selain itu ada juga menyerahkan bantuan kesehatan untuk posyandu Desa Pantok yang diserahkan langsung oleh  wakil ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Ny. Kristina Rupinus.

(Gansi/Har/N005)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015