Ketapang (Antara Kalbar) - Jajaran Kepolisian Resort Ketapang siap menggelar Operasi Simpatik Kapuas 2015 yang berlangsung selama 21 hari mulai tanggal 1 April.

Gelar pasukan digelar di halaman Mapolres Ketapang dipimpin oleh Kapolres AKBP Hady Poerwanto yang menyampaikan amanat Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto.
   
Diantaranya agar meningkatkan disiplin anggota polisi lalu lintas serta terwujudnya pelayanan yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Selain itu, terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas.
  
Ia menambahkan, ada empat satuan tugas yang dibentuk yakni satgas pre-emtive tugasnya melaksanakan penerangan, bimbingan, penyuluhan dan sosialisasi serta pendidikan lalu lintas kepada seluruh komponen masyarakat.
   
Kemudian satgas preventif, yakni melaksanakan kegiatan pengaturan dan penjagaan serta pengawasan terhadap pengguna jalan untuk mencegah dan memperkecil peluang terjadinya pelanggaran yang dapat menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
   
Satgas penegakan hukum, melakukan pengawasan dan penindakan kepada anggota di lapangan yang melakukan pelanggaran, dan satgas bantuan operasi tugasnya memberikan pelayanan kesehatan, saran dan prasarana guna mendukung kegiatan operasi.
   
Kapolres Ketapang melalui Kasat Lantas AKP Wahyu Jati Wibowo mengatakan Operasi Simpatik Kapuas 2015 dilaksanakan serentak di seluruh Polda se Indonesia guna terciptanya situasi, keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu Lintas.
   
Pelaksanaan Operasi ini mengutamakan  kegiatan pre-emtive, preventif, dan penindakan pelanggaran lalu lintas secara edukatif.
  
Lebih lanjut Wahyu mengatakan, tujuan Operasi Simpatik Kapuas 2015 adalah menciptakan situasi keamanan dan tertib berlalu lintas yang mantap dan kondusif. Menurunnya pelanggaran lalu lintas terutama bagi pengemudi kendaraan bermotor, menurunnya kemacetan dengan ketidaktertiban berlalu Lintas, menurunnya kecelakaan lalu lintas dan korban kecelakaan lalu lintas, serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas sebagai cipta kondisi.
   
Guna mencapai hasil yang optimal, cara bertindak dalam Operasi Simpatik adalah melaksanakan kegiatan pendidikan masyarakan berlalu lintas meliputi pembinaan potensi masyarakat, penerangan dan penyuluhan lalu lintas sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan disiplin berlalu lintas bagi pengguna jalan.

Pewarta: John

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015