Pontianak (Antara Kalbar) - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi memastikan CPNS Kabupaten Kubu Raya tahun 2010 dan 2012 yang sempat berpolemik beberapa tahun terakhir, segera diangkat menjadi PNS.

"Untuk CPNS Kubu Raya tahun 2010 dan 2012 yang sampai saat ini masih belum diangkat, dalam waktu dekat segera kita angka semuanya," kata Yuddy saat melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Barat, Selasa.

Menurutnya keputusan tersebut diambil oleh Kemenpan berdasarkan ketetapan yang dilakukan oleh Mahkamah Agung yang memenangkan gugatan CPNS Kabupaten Kubu Raya tahun 2010 dan 2012.

"Karena mereka sudah dimenangkan oleh MA, makanya kita akomodir semua. Dan saya sudah menyurati BKN untuk memproses hal tersebut," tuturnya.

Ditempat yang sama, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan pihaknya sebelumnya telah mendengar kabar tersebut dari beberapa anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalbar. Namun, saat itu dia mengaku belum mempercayai 100 persen kabar tersebut.

"Namun, hari ini saya sudah mendengar langsung dari Menpan dan ini kita harap bisa menjadi angin segar bagi adik-adik CPNS 2010 dan 2012," katanya.

Meski demikian, dirinya tetap mengharapkan Surat Keputusan pengangkatan CPNS Kubu Raya tahun 2010 dan 2012 segera dikeluarkan BKN menyusul penetapan yang dilakukan Kemenpan untuk mengakomodir semua peserta CPNS tersebut.

"Mewakili Pemkab Kubu Raya, saya sangat mengapresiasi apa yang ditetapkan oleh Kemenpan. Artinya, dengan diakomodirnya dua angkatan CPNS yang cukup lama berpolemik tersebut, maka tidak lama lagi Kubu Raya segera memiliki sekitar 300 lebih tenaga aparatur negara tambahan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat," kata Rusman Ali.

Dia menjelaskan, diakomodirnya dua angkatan CPNS tersebut menjadi keinginan Pemkab Kubu Raya selama ini. Dan untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya telah berulang kali mengajukan permohonan kepada Kemenpan dan BKN bahkan meminta bantuan dari anggota DPR RI dapil Kalbar dan Komisi II untuk memperjuangkan nasib 400 lebih peserta CPNS tersebut.

"Karena permasalahan CPNS ini sudah berlarut sehingga nasib mereka tidak jelas. Namun, sekarang kita bisa lega karena Kemenpan akhirnya mengangkat seluruh CPNS tersebut," tuturnya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015