Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya pada tahun ini hanya menganggarkan Rp1 miliar untuk pembenahan dermaga yang ada di seluruh kabupaten itu.

"Saat ini, kebutuhan peningkatan kualitas dermaga di Kubu Raya dirasakan masih sangat diperlukan. Apalagi Kubu Raya memiliki banyak kecamatan yang berada di sekitar wilayah pesisir," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya," Fauzi Kasim di Sungai Raya, Rabu.

Namun, katanya, alokasi perbaikan dermaga di Kubu Raya tahun 2015 tergolong minim karena hanya dialokasikan sekitar Rp1 miliar saja.

"Makanya, untuk tahun 2015 ini alokasi anggaran untuk perbaikan dermaga itu hanya diberikan bagi sejumlah kawasan prioritas dahulu seperti Terentang dan beberapa daerah lainnya sesuai dengan kebutuhan dan nominal anggaran yang tersedia," tuturnya.

Dipilihnya beberapa daerah yang akan menjadi prioritas pembangunan termasuk perbaikan dermaga menurutnya akan disesuaikan dengan prioritas utama pembangunan jalan poros yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

"Kita sama-sama tahu kalau pembangunan jalan poros itu prioritas utama pak bupati. Nah, adanya dermaga ini diharapkan bisa menunjang penggunaan jalan poros yang nantinya akan menghubungkan setiap kecamatan," katanya.

Dengan lancarnya akses antar kecamatan otomatis juga memicu tingginya mobilitas masyarakat setiap daerah di Kubu Raya, terutama dalam mengangkut berbagai hasil bumi yang dimiliki untuk dijual dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dengan anggaran sekitar Rp1 miliar tersebut kata Fauzi akan diprediksikan bisa memperbaiki termasuk membangun sekitar tujuh dermaga pada beberapa titik Kubu Raya.

"Soal tempatnya secara detail dimana saja saya kurang hafal, yang pasti untuk tahun ini kami hanya bisa memperbaiki sekitar tujuh dermaga dahulu, sisanya secara bertahap akan kami lakukan sesuai dengan alokasi anggaran yang telah disetujui pemerintah," kata Fauzi.

Selain dermaga, pada tahun 2015 Dinas Perhubungan Kubu Raya juga akan mengerjakan pengadaan rambu-rambu di sejumlah ruas jalan yang telah memenuhi kriteria di Kubu Raya.

"Anggaran untuk pengadaan rambu-rambu lalu lintas itu sekitar Rp400 juta dan akan dilakukan sekitar 43 titik yang sudah kami tentukan. Memang jumlah ini masih sedikit namun sekali lagi karena anggaran terbatas jadi semuanya kami lakukan secara bertahap dan sesuai dengan skala prioritas yang telah ditentukan," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015