Sungai Raya (Antara Kalbar) - Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat menggelar kegiatan seminar sehari tentang kesehatan keluarga untuk membantu akselerasi capaian tujuan MDG`s.

"Beberapa sasaran tujuan MDG`s yaitu pemberantasan kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan kematian anak," kata Ketua Tim Penggarak PKK Kalbar, Frederika Cornelis di Sungai Raya, Sabtu.

Selain itu, MDG`s juga diharapkan dapat meningkatkan kesehatan ibu, mengendalikan HIV/AIDS, malaria, dan penyakit menular lainnya, menjamin kelestarian lingkungan hidup, serta mengembangkan kemitraan pembangunan di tingkat global.

Dalam kegiatan seminar kesehatan yang dilaksanakan dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK Provinsi Kalimantan Barat itu diikuti sekitar 1.000 kader PKK se-Kalbar.

Dalam kesempatan itu, Frederika mengatakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita tersebut juga turut berpartisipasi dalam pembangunan, peran serta ibu-ibu PKK juga dinilainya turut berperan dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat.

Menurutnya, 10 Program Pokok PKK yang pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, antara lain Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, Perencanaan Sehat.

"Salah satu program yang diunggulkan oleh PKK ini adalah PKK-KB-Kes yang fokus pada pelayanan KB (Keluarga Berencana) dan kesehatan," tuturnya. Program PKK-KB-Kes itu menurutnya, identik dengan pelayanan kepesertaan KB baru, menopang kelancaran kelurahan siaga, pembinaan pola asuh dan tumbuh kembang anak.

Selain itu PKK juga berkewajiban melakukan pembinaan di bidang ekonomi melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga.

"Keluarga cerdas, sehat dan sejahtera merupakan modal untuk membangun masyarakat yang makmur dan berkeadilan, karena rapuhnya keluarga secara tidak langsung akan berdampak terhadap kekuatan suatu negara, secara keseluruhan kegiatan tersebut berorientasi kepada peningkatan ketahanan keluarga," kata Frederika.

Sementara itu, Ketua PKK Kubu Raya, Endang Rusman Ali mengatakan, Tim Penggerak PKK Kubu Raya juga terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lewat program PKK-KB-Kes yang didasari dengan meningkatnya pemahaman para kader tentang pelaksanaan 10 program pokok PKK.

"Kita akan terus berupaya meningkatnya partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pemberdayaan keluarga, meningkatnya cakupan program KB dan kesehatan, juga terjalinnya kemitraan antara TP PKK dengan LSM, dunia usaha, perguruan tinggi dan pemerintah," katanya.

(KR-RDO/T011)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015