Pontianak (Antara Kalbar) - Kota Pontianak siap bersaing dan mengirim alat-alat teknologi tepat guna (TTG) pada lomba tingkat Provinsi Kalimantan Barat, kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Anak dan KB (BPMPAKB) Kota Pontianak, Dharmanelly.
   
Ia menjelaskan, dari kesepuluh alat tersebut, hanya satu alat TTG terbaik yang berhak mewakili Kota Pontianak untuk bersaing dengan kabupaten/kota se-Kalbar.

“Saat ini sedang dilakukan penilaian alat-alat TTG langsung ke lokasi di setiap kecamatan,” ujar Dharmanelly disela-sela peninjauan alat penjernih air di Pontianak Utara, Selasa.

Ia berharap, alat TTG dari Kota Pontianak mampu bersaing dengan kabupaten/kota lainnya dan bisa mewakili Provinsi Kalbar untuk lomba TTG tingkat nasional. “Mudah-mudahan alat TTG dari Kota Pontianak bisa mewakili Kalbar di tingkat nasional dan merebut juara,” harapnya.

Menurutnya, tujuan digelarnya lomba cipta karya TTG ini peserta mampu menciptakan alat-alat TTG yang bermanfaat, melakukan inovasi terhadap penciptaan alat-alat TTG serta dapat menciptakan peluang kerja bagi masyarakat. “Sehingga dengan demikian bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang usaha ekonomi melalui TTG,” tukasnya.

Saat ini, untuk menunjang kualitas dan kuantitas dari penciptaan TTG, pihaknya akan segera merealisasikan pendirian Pos Pelayanan TTG (Posyantek) dan Warung Teknologi (wartek) di enam kecamatan se-Kota Pontianak.

“Posyantek ini merupakan lembaga kemasyarakatan di kecamatan yang memberikan pelayanan teknis, informasi dan orientasi berbagai jenis TTG sehingga masyarakat dapat menyalurkan minat dan bakatnya dalam TTG,” pungkasnya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015