Pontianak  (Antara Kalbar) - Imigrasi Kelas I Pontianak menyatakan jumlah warga negara Indonesia yang akan mudik ke Kalimantan Barat diperkirakan akan meningkat sekitar 28 persen dibanding Lebaran tahun lalu.

"Kami sudah siap dalam mengantisipasi peningkatan arus mudik WNI yang akan merayakan Lebaran di kampung halamannya," kata Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak, Hasanin di Pontianak, Kamis.

Hasanin memperkirakan akan terjadi peningkatan WNI yang akan mudik Lebaran tahun 2015, baik menggunakan angkutan transportasi darat, udara, dan laut terutama WNI yang bekerja di Malaysia.

"Data kami tahun lalu, tercatat sebanyak 2.392 orang WNI yang melakukan mudik Lebaran, baik menggunakan transportasi darat, laut dan udara. Untuk Lebaran tahun ini, kami perkirakan meningkat menjadi 3.021 orang WNI yang akan mudik Lebaran," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Hasanin menambahkan untuk data arus mudik Lebaran bagi WNI, baik melalui darat, udara dan laut akan tercatat di kantor imigrasi masing-masing. Untuk Imigrasi Kelas 1 Pontianak hanya di wilayah pintu udara dan pelabuhan laut Pontianak.



(U.A057/N005)

Pewarta: Andilala dan Mawardi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015