Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kepala Desa Sungai Krawang, Kecamatan Batu Ampar, Kalbar, Antonia meminta kepada Pemkab Kubu Raya untuk meningkatkan fasilitas pendidikan, mengingat masih minimnya ruang kelas yang ada di setiap sekolah yang ada di desa itu.

"Terkait dengan minimnya sarana dan prasarana pendidikan di desa kami, sementara minat masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang layak sangat tinggi. Untuk itu kita harapkan kepada Pemkab Kubu Raya agar bisa menambah ruang kelas yang ada di setiap sekolah di desa kami ini," kata Antonio di Batu Ampar, Sabtu.

Dia menjelaskan, saat ini ruang kelas yang tersedia digunakan secara bergantian karena kurangnya ruang kelas untuk SD dan SMP. Karena minimnya ruang kelas tersebut, saat ini, setiap sekolah membagi jam sekolah menjadi pagi dan siang, agar bisa mencukupi daya tampung siswa.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Kubu Raya, Muhammad Yunus mengatakan tahun 2016 akan ditambah dua ruang kelas untuk SD dan dua ruang kelas baru untuk SMP, sesuai kebutuhan masyarakat yang ada di desa itu.

Yunus mengungkapkan sesuai dengan program dan komitmen bupati Kubu Raya, bahwasanya tidak boleh ada anak-anak Kubu raya yang putus sekolah dan tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Maka pihaknya akan segera membangun tambahan ruang kelas sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Kita akan bangun dua ruang kelas baru untuk SD dan dua untuk SMP sesuai kebutuhan, sehingga anak-anak tidak perlu lagi antri untuk masuk kelas. Kita sangat menyambut baik adanya minat yang tinggi dari masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya dan minat sekolah dari anak-anak disini juga sangat tinggi, itu harus kita dukung," tuturnya.

Dijelaskan Yunus, setiap ada laporan dan permintaan masyarakat pihaknya akan langsung merespon dengan turun kelapangan untuk memastikan fasilitas pendidikan masyarakat telah baik.

"Yang belum baik perlahan kita terus upayakan perbaikan. Terlebih Bupati Kubu raya sangat tidak mau jika sampai ada masyarakat Kubu Raya yang tidak mendapatkan pendidikan yang layak, baik dari segi infrastruktur pendidikan maupun tenaga pendidik," katanya.

Pemerintah Kubu Raya sendiri menjamin pendidikan yang layak bagi masyarakat Kubu Raya ini program dan komitmen bapak bupati Kubu Raya.

"Kami dari Dinas Pendidikan sebagai 'leading sector' yang bergerak dan menangani bidang pendidikan yang akan bertanggung jawab atas persoalan pendidikan di Kubu Raya. Makanya kita akan segera membangun ruang kelas itu untuk desa Kerawang," kata Yunus.

(KR-RDO/A029)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015