Sungai Kakap (Antara Kalbar) - DPD REI Kalimantan Barat menyerahkan satu buah rumah gratis berikut perabot rumah tangganya kepada Thomas, salah seorang buruh bangunan sebagai salah satu program sosial dari asosiasi tersebut.

"Ini merupakan program yang pertama kali dilakukan di Kalbar. Saya berharap ke depannya program yang sama bisa berjalan kembali dan jumlah rumah yang akan diberikan kepada masyarakat yang layak mendapatkannya," kata Ketua DPDD REI Kalbar, Sukiryanto di Sungai Kakap, Senin.

Di tempat yang sama, pengembang Rumah Star Borneo Residence, Siswoyo, menyebutkan jika pihaknya tetap ikut berkontribusi dalam perumahan rakyat yang saat ini digembar-gemborkan pemerintah.

"Ini bentuk kontribusi kami terhadap program REI dan setidaknya tahun depan bisa memberikan lebih dari satu. Jika terhadap perumahan rakyat, sudah kami lakukan dan itu ada 5.000 unit dan bantuan rumah gratis ini semata-mata kepedulian untuk masyarakat tidak mampu," tuturnya.

Direktur BTN Pusat, Sulis Uldoko menyebutkan program Ramadhan Rumah impian ini merupakan kolaborasi, antara REI dan BTN. Tujuannya untuk menginspirasi pengembang perumahan bahwa di sekitar mereka ada orang-orang yang membutuhkan.

"Untuk tahun ini ada 31 rumah di beberapa daerah yang mendapat program rumah gratis ini. Dengan penyaluran seperti ini menginspirasi berbagai pihak agar peka terhadap lingkungan sekitar," katanya.

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali berharap program itu bisa berkelanjutan. Tetapi dia berkeinginan tidak hanya REI saja yang bisa melakukan ini, namun pihak lainnya juga bisa melakukannya.

"Kita harapkan ini menjadi inovasi yang baik. Agar ini menjadi motivasi bagi yang lain untuk berbuat yang sama," kata Rusman Ali.

Hanya dia mengingatkan bagi yang beruntung untuk memberikan timbal balik bagi pemberi rumah. Misalnya dengan mendoakan mereka, agar mendapatkan rezeki lebih sehingga ada lagi masyarakat lain yang mendapatkan rumah gratis ini.

Sementara itu, Thomas, penerima Rumah Gratis itu mengatakan dirinya sama sekali tidak menduga kalau akan menerima rumah tersebut. Bapak empat itu tidak percaya jika dia bisa terpilih, ada hal dengan kerja yang dilakoninya sehari-hari, jauh dari bayangan bisa membeli rumah sendiri, apalagi saat ini harga rumah semakin tinggi.

Sehari-harinya, Thomas bekerja sebagai buruh bangunan. Dalam seminggu dia hanya bisa mengumpulkan uang Rp300 ribu. Namun tidak setiap saat, orderan mengecat diterimanya. Untuk itu, agar kebutuhan rumah tangga tercukupi, terpaksa istrinya ikut membantu.

Kondisi itu yang menjadi salah satu alasan, bapak empat anak ini mendapatkan rumah gratis. Lokasi rumahnya perumahan Star Borneo Residence 4, Jalan Raya Kakap Km 13 Kelurahan/Desa Pal IX, Kabupaten Kubu Raya.

Awal mulanya panitia memang tidak memberi tahu Thomas, jika dia sebagai warga yang beruntung itu. Dia dijemput panitia hanya dikabarkan untuk dibawa jalan-jalan.

"Tadi saya mau pergi kerja, tetapi ditelepon semalam agar tidak pergi kerja. Panitia bilang kalau mau dibawa jalan-jalan," tuturnya.

Thomas pun tidak menaruh curiga, dia, istri dan ke empat anaknya hanya ikut saja. Sampai di lokasi perumahan pun Thomas masih belum menyadari, dia masih terdiam terduduk di kursi sembari mengendong anaknya.

Namun, begitu namanya disebut, Ketua DPD REI Kalbar Sukiryanto sebagai pemenang. Thomas langsung mengucapkan Alhamdulillah, begitu pula Yuni, sang istripun langsung bersimbah air mata menerima rumah tersebut.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015