Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Widodo mengatakan, status Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pontianak segera ditingkatkan menjadi Pangkalan Utama TNI Angkatan Luat IV (Lantamal IV) pada minggu keempat Juli 2015.

"Ada tiga Lanal yang akan ditingkatkan menjadi Lantamal, yakni Lanal Pontianak, Tarakan dan Sorong," kata Widodo saat melakukan kunjungan kerja di Lanal Pontianak, Rabu malam.

"Kami lihat dulu, Lanal mana yang siap, kalau Lanal Pontianak yang paling siap, maka Lanal Pontianak yang diresmikan dulu menjadi Lantamal, kemudian Lanal lainnya," ungkapnya.

Widodo menambahkan, untuk penambahan personil juga akan dilakukan secara bertahap, karena personil Lanal dari 180 personil akan ditambah menjadi 1.008 personil.

"Kami mohon dukungan masyarakat Pontianak dan Kalimantan Barat umumnya agar proses peningkatan dari tiga Lanal menjadi Lantamal segera terwujud," ungkapnya.

Untuk Lantamal IV awal tahun 2016 baru akan dibangun Markas Komando Lantamalnya, untuk sementara di Mako Lanal Pontianak dulu, selain itu akan dilakukan tambahan batalyon marinir untuk memperkuat Lantamal IV.

"Kemudian Lanal Pontianak akan dipindahkan ke Sambas, tepatnya di Kecamatan Paloh, tahun 2016 yang saat ini lahannya juga sudah disiapkan," ujarnya.

Wakasal menambahkan, pada dasarnya seluruh Lanal yang posisinya di perbatasan ditingkatkan statusnya menjadi Lantamal dalam memperkuat kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

(A057/E001)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015