Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya, Fauzi Kasim mengatakan telah melakukan pendataan angkutan penumpang dan barang pada pelabuhan Rasau Jaya guna menghadapi Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Dalam rangka menghadapi hari raya, kita telah melakukan pendataan terhadap jumlah armada yang ada untuk pengangkutan barang maupun orang di dermaga Rasau Jaya. Ada 8 kapal kelas Honda dan SDP, kemudian juga ada 20 buah motor air yang siap untuk melayani angkutan barang dan penumpang disana," kata Fauzi di Sungai Raya, Kamis.

Menurutnya, dari hasil pantauan yang dilakukan Dishub Kubu Raya di lapangan, semua armada sudah siap, sehingga dipastikan proses arus mudik menjelang Lebaran nanti bisa berjalan dengan lancar.

"Kita mulai besok juga akan menempatkan posko Lebaran di dermaga Rasau Jaya, untuk memastikan kelancaran arus transportasi dan melayani berbagai keperluan serta menerima keluhan penumpang," tuturnya.

Dalam penempatan posko Lebaran tersebut, pihaknya bekerja sama dengan beberapa pihak terkait seperti kepolisian, dinas Kesehatan Kubu Raya serta beberapa pihak lainnya.

Menurutnya, untuk dermaga Rasau Jaya setiap pelaksanaan hari raya keagamaan seperti Idul Fitri tidak mengalami kenaikan penumpang.

"Namun, karena saat ini berbarengan dengan libur panjang, kemungkinan akan ada peningkatan, namun tidak terlalu besar," kata Fauzi.

Sebelumnya, Plt Sekretaris Daerah Kubu Raya, Kalbar, Nursyam Ibrahim mengatakan pihaknya mengupayakan kelancaran arus transportasi kebutuhan sembako untuk sembilan kecamatan setempat, sebagai langkah antisipasi kenaikan harga menjelang Lebaran.

"Kita telah mempercayakan kelancaran arus distribusi barang kebutuhan pokok kepada Dinas Perhubungan Kubu Raya. Sudah kami instruksikan Dinas Perhubungan agar berperan aktif untuk membantu lancarnya arus distribusi barang termasuk logistik dan sejenisnya yang akan masuk ke Kubu Raya," kata Nursyam.

Dengan kelancaran arus distribusi barang tersebut, dia berharap semua kebutuhan terutama kebutuhan pokok selalu terjaga hingga puncak perayaan Lebaran 1436 Hijriah.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015