Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya, mengatakan berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan safari Ramadhan yang dilaksanakan Pemprov Kalbar pada tahun ini, diketahui program pembangunan di daerah sudah cukup baik.

"Ini patut disyukuri bahwa dari kunjungan yang dilakukan di daerah-daerah lainnya, dapat disimpulkan bahwa kondisi Kalimantan Barat saat ini dalam kondisi aman dan damai. Kemudian, dari pelaksanaan pembangunan baik infrastruktur maupun sosial ekonomi di masing-masing daerah dapat disaksikan berjalan dengan baik," kata Christiandy saat menyampaikan sambutannya pada kesempatan kunjungan safari Ramadhan, yang dilaksanakan di Mesjid Darul Falah, Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas, Kamis.

Dia menjelaskan, kunjungan tersebut juga sebagai upaya untuk meningkatkan pembinaan terhadap kualitas kehidupan keagamaan masyarakat di daerah, mengatakan selain untuk mempererat tali silaturrahmi antara pemerintah Provinsi, dengan pemerintah Kabupaten maupun masyarakat.

"Kegiatan Safari atau silaturahmi Ramadhan yang setiap tahun ini terbukti bisa menjaga hubungan baik antara pemerintah dengan masyarakat, selain itu ajang silaturrahmi yang dilakukan ini, pemerintah dapat menyaksikan kondisi nyata masyarakat di daerah secara langsung tanpa ditambah dan dibuat-buat," tuturnya.

Dalam kesempatan itu Wagub juga mengingatkan kepada masyarakat, agar tidak terlalu konsumtif dan berlebihan dalam memenuhi kebutuhan pokok selama Bulan Suci Ramadhan apalagi saat-saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Karena, menurutnya, salah satu pemicu kelangkaan barang-barang kebutuhan pokok di masyarakat adalah tingkat konsumsi masyarakat yang berlebihan. Untuk itu dia mengingatkan agar selama Bulan Suci Ramadhan maupun Hari Raya Idul Fitri pemerintah menjamin ketersediaan bahan-bahan kebutuhan pokok tetap tersedia.

"Kalau perlu, melalui instansi terkait, kita akan melakukan operasi pasar, dengan harapan agar dapat membantu masyarakat dalam memperoleh kebutuhan pokok selama bulan suci Ramadhan atau perayaan Hari Raya Idul Fitri," katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Sambas, Forkorpimda Sambas, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemprov Kalbar dan Kabupaten Sambas, tokoh agama dan tokoh masyarakat Sambas, dan masyarakat lainnya yang memenuhi Masjid Darul Falah Selakau.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan dan tali kasih dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, serta bantuan pembangunan rumah ibadah.

(KR-RDO/Y008)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015