Sambas (Antara Kalbar) - Sedikitnya 12 rumah toko yang terletak di pinggiran Sungai Pendawan Sambas, Rabu (22/7) sekitar pukul 12 siang terbakar. Ratusan warga memadati sekitar lokasi kebakaran mengingat letaknya di kawasan perdagangan di Kota Sambas.
    
Satu diantara saksi mata, Syabas Khan mengatakan saat itu ia sedang bersantai di depan deretan ruko bersama teman-temannya ketika tiba-tiba melihat kepulan asap dan api dari sebuah ruko sembako Canada.
    
"Awalnya kita lihat jelas api dari toko sembako Canada, tak lama sirine dari BPK kedengaran mau memadamkan api," ujarnya.
    
Kejadian yang dilihatnya awalnya sekitar pukul 12.00 WIB dari deretan ruko ke -10 dari arah Sungai Pendawan  ini dengan cepat menyambar deretan ruko lainnya.
    
Saat ini api masih dengan cepat menyambar ruko dan sesekali terdengar bunyi dentuman suara nyaring yang diduga dari tabung gas. Sementara petugas BKP masih kewalahan memadamkan api dan aparat kepolisian serta Satpol PP Sambas sibuk bersiaga mengamankan warga yang terus menyemut.
    
Kapolres Sambas AKBP Sunario yang turun langsung ke lapangan mengatakan sejauh ini kebakaran sementara sudah membakar sebanyak 12 ruko dua lantai.
    
"Sementara ini data yang saya dapatkan ada 12 ruko yang dilalap api, penyebab masih belum bisa diketahui," ujarnya.
    
Sedangkan untuk kerugian marterial masih belum bisa ditaksir. Sejauh ini, belum ditemukan adanya korban jiwa akibat kebakaran.  "Kita masih amankan lokasi kejadian, untuk selanjutnya penyebab baru akan dilakukan penyelidikan," pungkasnya.

Pewarta: Indra Nova

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015