Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Melawi, menetapkan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan bersaing dalam Pilkada Melawi, 9 Desember.

Penetapan dilakukan di Kantor KPU dan mendapat penjagaa ketat aparat keamanan dari Polres Melawi, Senin.

Ketua KPU Melawi, Julita mengatakan, dua pasangan calon, yakni pasangan Firman - John dan pasangan Panji - Dadi dinyatakan memenuhi syarat untuk maju sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Melawi.

"Selanjutnya, besok 25 Agustus (Selasa) akan diadakan pengundian nomor urut dalam rapat pleno terbuka yang akan kami gelar di Pendopo. Dan 26 Agustus, akan diadakan deklarasi kampanye berintegritas dan kampanye damai," kata Julita.

Masing-masing pasangan, tambahnya, sudah melalui proses pengecekan berkas pencalonan mulai saat pendaftaran hingga terakhir dalam masa perbaikan pada 7 Agustus. Karena seluruh berkas sudah dinyatakan lengkap, maka kedua pasangan ini ditetapkan sebagai pasangan calon yang akan bertarung pada Pilkada Melawi.

Sebelumnya, para pasangan calon bupati dan wakil bupati sudah mengikuti serangkaian pemeriksaan berkas dan tes kesehatan hingga ditetapkan memenuhi syarat sebagai peserta Pilkada serentak. Pasangan Firman-John sesuai dengan keputusan KPU diusung oleh enam partai, yakni Gerindra, Demokrat, PKS, PAN, PKB, dan PKPI.

Sedangkan pasangan Panji-Dadi diusung oleh tiga partai, yakni PDI Perjuangan, Hanura dan Nasdem.

Sementara itu, Kapolres Melawi, AKBP Cornelis M Simanjuntak mengungkapkan jajarannya siap mengawal para pasangan calon bupati dan wakil bupati yang telah ditetapkan oleh KPU.

"Ada empat orang anggota yang kita persiapkan untuk mengawal calon bupati dan wakil. Dimana satu anggota yang mengawal calon bupati dan satu untuk calon wakil bupati. Besok kita keluarkan sprint untuk pengawalan pada calon bupati atau wakil bupati," katanya.

Pengamanan kepolisian sudah dilakukan sejak awal tahapan pilkada. Termasuk saat penetapan pasangan calon kemarin ada sekitar seratusan anggota kepolisian membantu pengamanan.

"Begitu juga nanti pada saat cabut undi dan deklarasi kampanye damai, kita juga turunkan personel untuk melakukan pengamanan," katanya.

(Ekos/N005)







Pewarta: Eko S

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015