Sanggau (Antara Kalbar) - Budi Darmawan S TP, M MA terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Majelis Adat Budaya Melayu (DPD MABM) Kabupaten Sanggau pada musyawarah daerah (Musda) yang digelar beberapa waktu lalu.
    Sebelumnya, ada empat bakal calon ketua umum yang akan bertarung yakni Drs Gusti Zulmainis, Ade Imran, Drs Abdullah dan Budi Darmawan.  Musda tersebut dihadiri pula oleh perwakilan pengurus DPP MABM Provinsi Kalbar Ali Daud, Raja Sanggau Pangeran Ratu Suryanegara Drs H Gusti Arman M Si, para sesepuh Melayu serta pengurus DPC MABM kecamatan-kecamatan.
    Namun, dua nama yakni Gusti Zulmainis dan Ade Imran memutuskan untuk mengundurkan diri. Otomatis hanya menyisakan dua nama yang akan bertarung masing-masing Budi Darmawan dan Abdullah.
    Berdasarkan keputusan pengurus-pengurus kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau, setelah melaksanakan rapat semua membulatkan dukungan kepada Budi Darmawan yang sebelumnya memangku jabatan sekretaris di lembaga etnis Melayu itu.
    "Atas nama Allah dan mengucapkan Bismillahirahmanirrahim, berdasarkan keputusan rapat kami. Maka secara bulat dan sepakat mendukung Bapak Budi Darmawan S TP, M MA sebagai Ketua MABM Kabupaten Sanggau,” ungkap Yuniardi pengurus DPC MABM Kecamatan Tayan Hilir, mewakili pengurus lainnya dengan lantang.
    Budi Darmawan akan menggantikan Gusti Arman yang tidak mencalonkan diri kembali sebagai ketua lembaga tersebut. Sementara itu, perwakilan pengurus DPP MABM Kalbar Ali Daud meminta kepengurusan yang baru meneruskan kegiatan atau pun program yang lalu dan selama ini sedang berjalan. Program Khusus yang hendak dilakukan sesuai misi dan visi akan membenahi organisasi.
    "Teruskan program yang telah ada dan rancang yang baru untuk mengangkat harkat Melayu, terutama mengembangkan hingga di kecamatan-kecamatan," ujar Ali Daud.
    Raja Sanggau Pangeran Ratu Suryanegara, Drs H Gusti Arman M Si berharap agar pengurus yang baru bisa lebih membawa MABM kearah kemajuan dalam segenap bidang.
   Sementara, Ketua MABM Sanggau terpilih, Budi Darmawan menyatakan akan berusaha memberikan yang terbaik untuk kemajuan organisasi itu kedepan dan menjadi wadah perjuangan marwah Melayu.
    "Jika ada perbedaan, saya mengganggap perbedaan itu adalah rahmat. Saya harap perbedaan itu jangan membuat kita terpecah belah, hendaknya kita bisa menjadikan perbedaan itu sebagai bagian dari dinamika organisasi. Dan jika bersatu saya yakin MABM Kabupaten Sanggau ini ke depan akan lebih baik lagi," tegasnya.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015