Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Perhubungan Kubu Raya, Fauzi Kasim mengatakan hingga akhir Agustus lalu, serapan anggaran yang ada di dinasnya sudah mencapai sekitar 98 persen.

"Untuk penyerapan anggaran di Dinas Perhubungan, sudah berjalan dengan baik, dimana hingga akhir Agustus kemarin, penyerapan anggaran sudah mencapai 98 persen," kata Fauzi di Sungai Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, saat ini sudah banyak pembangunan fisik yang dilakukan pihaknya seperti pembangunan marka jalan, hingga dermaga di sejumlah kecamatan Kubu Raya.

Untuk pembangunan marka jalan termasuk gardil dan sejenisnya kata Fauzi, Dinas Perhubungan Kubu Raya tetap akan memprioritaskan akan dibangun di jalan kabupaten.

"Kalau untuk jalan-jalan provinsi hingga jalan nasional itu bukan masuk ranah dan tanggung jawab kami lagi untuk membangunnya," tuturnya.

Sedangkan soal dermaga kata Fauzi saat ini pihaknya telah mengalokasikan pembangunan bagi sekitar 16 dermaga di sejumlah kecamatan Kubu Raya.

"Kalau pembangunan dermaga itu yang kami akomodasi sesuai dengan yang masuk dalam sistem mulai dari hasil kesepakatan Musrenbangdes, Musrenbang kecamatan hingga Musrenbang kabupaten," katanya.

Fauzi menambahkan, sejak tahun 2013 penyerapan anggaran di instansi yang dipimpinnya sudah masuk dalam kategori optimal.

"Dari tahun 2013 penyerapan anggaran di Dinas Perhubungan Kubu Raya sudah mencapai di atas 90 persen, bahkan tahun 2014 lalu serapan anggaran yang kami lakukan mencapai lebih dari 97 persen," kata Fauzi Kasim.

Jika dibanding dengan tahun sebelumnya, kata Fauzi untuk tahun 2015 ini target pembangunan dermaga memang sedikit menurun karena memang anggaran yang dimiliki jumlahnya cukup terbatas.

Adapun titik pembangunan dermaga yang akan dibangun seperti di Kecamatan Sungai Raya, Terentang, Teluk Pakedai dan sejumlah titik lainnya. Karena alokasi dana pembangunan dermaga terbatas, kata Fauzi pihaknya memprioritaskan pembangunan dermaga yang memang dinilai sangat dibutuhkan masyarakat setempat.

Dia mencontohkan jika terdapat di sebuah daerah yang dermaganya sudah tak layak, sehingga kesulitan untuk membawa warga yang akan dirujuk ke rumah sakit maka dermaga tersebutlah yang akan dilakukan pembangunan atau peningkatan kualitasnya.

"Alhamdulillah sampai sejauh ini, kita sudah bisa merealisasikan pembangunan maupun peningkatan kualitas dermaga itu," tuturnya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015