Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Islam Rasau Jaya, sebagai bagian dari program pembangunan 1.000 masjid dan surau yang dicanangkan tahun 2015.

"Pembangunan masjid merupakan program Pemkab Kubu Raya yang digulirkan mulai tahun anggaran 2015, yaitu pembangunan 1.000 masjid dan surau," kata Rusman Ali di Rasau Jaya, Senin.

Dia mengatakan, program pembangunan masjid dan surau itu akan berbasis pada lingkungan pendidikan, dimana program tersebut sebagai wujud dari gerakan revolusi mental sebagaimana yang juga diprogramkan oleh pemerintah Pusat.

"Sebagai wujud Nyata dari program pemerintah tersebut, kita di Kubu Raya membuat terobosan dengan program pembangunan 1000 masjid dan Surau, sebagai sarana pembinaan mental dan spiritual masyarakat dan generasi Kubu Raya," kata Rusman Ali.

Dikatakan Rusman Ali, Masjid selain sebagai tempat ibadah rutin lima kali dalam sehari, juga merupakan tempat pendidikan dan musyawarah, terkait dengan berbagai kepentingan, terutama aktivitas keagamaan untuk generasi muda yang diharapkan bisa menjadi generasi handal dan berakhlak mulia.

Dia mengharapkan agar keberadaan masjid dan tempat ibadah lainnya mampu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk senantiasa mendekatkan dirinya kepada Tuhan.

Dengan demikian kehidupan spiritualnya dapat terjaga dan terbina dengan baik sebagai modal bagi masyarakat dalam membangun hubungan masyarakat yang harmonis dan memiliki kepribadian yang baik. "Sebab hal tersebut adalah modal berharga bagi terbentuknya mentalitas masyarakat yang baik," kata Rusman Ali.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015