Sungai Raya (Antara Kalbar) - Universitas Terbuka (UT) Kalimantan Barat menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni Antar Mahasiswa Universitas Terbuka se-Kalimantan Barat, dimana pada tahun ini, Kabupaten Kubu Raya ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Kegiatan Porseni ini sebagai bagian dari upaya untuk memfasilitasi pengembangan bakat dan minat mahasiswa, pengenalan mahasiswa yang lebih komprehensif akan UT, serta sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar sesama mahasiswa dari berbagai daerah di Kalimantan Barat dan sekaligus sebagai sarana sosialisasi/promosi UT," kata Kepala UPBJJ (Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh) Pontianak Dr. Tati Rajati, MM,di Sungai Raya, Sabtu.

Dia menjelaskan, untuk peserta dalam kegiatan itu adalah mahasiswa yang terdaftar aktif sebagai mahasiswa UT.

Tati menambahkan Porseni bertujuan untuk menggalang solidaritas kebersamaan dan kerja sama antar sesama mahasiswa keluarga besar UT.

"Sebagaimana yang kita ketahui, Perguruan Tinggi adalah merupakan wahana yang tepat untuk mengasah dan mengembangkan nalar serta rasa keingintahuan yang dapat dilakukan dengan merumuskan masalah secara sistematis. Terkait hal itu, mahasiswa UT dimanapun berada dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan bidang keilmuan mahasiswa UT," tuturnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus mengatakan bahwa Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan telah berupaya keras melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan, sebagai ujung tombak dari peningkatan kualitas pendidikan adalah proses pembelajaran yang efektif dan efektifnya proses pembelajaran didapatkan jika kondisi kesehatan dan daya kreativitas baik.

Kegiatan di bidang Olahraga dan Seni diharapkan dapat membangkitkan semangat, merangsang kreativitas dan sportivitas serta membangun relasi yang baik dengan kompetisi yang berkualitas.

"Mengingat mayoritas mahasiswa UT adalah tenaga pengajar sehingga sangat diharapkan dapat membina mental dan spiritual serta kejasmanian yang baik dan profesional bagi tenaga pengajar sebagai bahan bagi mereka saat mewujudkan ilmu yang dimiliki di hadapan anak-anak didik mereka," katanya.

Hermanus mengharapkan agar pere=temuan mahasiswa dalam Porseni tersebut di samping sebagai sarana untuk menjalin kerja sama dan relasi yang baik sesama mahasiswa se Kalimantan Barat, juga diharapkan dapat melahirkan pembina atlet dan seni bagi wilayahnya masing-masing nantinya.

"Sehingga ajang ini tidak hanya sekadar kompetisi belaka melainkan melahirkan profesionalisme, dedikasi, kretivitas dan pengabdian yang tulus bagi masyarakat," tuturnya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015