Ngabang (Antara Kalbar) - Sejumlah siswa di SMK Negeri 1 Ngabang, Rabu mengikuti pelatihan operator "Hand Tractor" Roda Dua yang digelar Dinas Pertanian Kabupaten Landak.

"Pelatihan digelar selama satu minggu, dengan peserta siswa SMKN 1 Ngabang khususnya dari program keahlian otomotif," kata Kepala Dinas Pertanian Landak Vinsensius.

Sementara itu, Bupati Landak Adrianus Asia Sidot disela membuka pelatihan menegaskan, para siswa yang menjadi peserta agar mengikuti dengan benar karena hal ini sebuah terobosan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan SDM dibidang pertanian.

"Kami pemerintah mendirikan sekolah menengah kejuruan agar tamatannya siap kerja dan memiliki ketrampilan yang bisa bermanfaat untuk masyarakat," katanya.

Bupati  berharap idealisme masih dipegang oleh guru dan siswa di SMK sehingga ke depan alumni dari sekolah kejuruan itu bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

"Jangan bermimpi jadi pegawai negeri  semua. Tapi ciptakan lapangan kerja sendiri karena sudah dibekali ketrampilan," ujarnya.

Adrianus menambahkan, selama ini pemerintah daerah banyak membantu alat mesin pertanian kepada kelompok tani di Kabupaten Landak. Sehingga membutuhkan tenaga operator dan mekanik agar ketika mengalami kerusakan tidak menjadi besi tua.

"Kita sudah beli mahal setiap tahun untuk petani guna peralatan sebagai penunjang pertanian. Jika tidak dirawat sangat disayangkan. Nah, nanti para siswa bisa membantu pemerintah," kata Adrianus.  (Kun/N005)

Pewarta: Kundori

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015