Sungai Raya (Antara Kalbar) - Ribuan guru dan tenaga kependidikan Kabupaten Kubu Raya berkumpul di Teluk Pakedai dalam peringatan Hari Guru yang dipusatkan di kecamatan tersebut. Dihadiri Bupati Kubu Raya Rusman Ali bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala SKPD lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.
    Rusman Ali bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Guru di Kabupaten Kubu Raya.
    "Hari ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Guru Republik Indonesia yang berlangsung di Kecamatan Teluk Pakedai Kubu Raya sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan," katanya.
    Hari Guru tahun ini diharapkan para guru-guru dan tenaga kependidikan di Kubu Raya terus berkarya dan melahirkan ide serta gagasan yang solutif bagi kelangsungan pendidikan anak-anak Kubu Raya sebagai generasi bangsa.
    Rusman Ali mengatakan, ribuan guru hadir dari seluruh wilayah Kubu Raya dan mereka merupakan perwakilan dari guru lainnya yang sedang melaksanakan tugas mengajar.
    "Mereka berkumpul dan memiliki posisi yang sama di mata kita dan dimata Negara, mereka adalah garis depan bagi kelangsungan pendidikan anak-anak kita di Kubu Raya, mereka adalah urat nadi ilmu pengetahuan anak-anak bangsa ini," katanya.
    Menurut Rusman Ali, guru merupakan sosok yang memiliki tugas untuk menyiapkan masa depan bangsa. Mereka jugalah para pelukis masa depan negeri ini. Karena tugas guru ini, Rusman Ali menyarankan masyarakat Indonesia bisa mengapresiasi guru, karena guru menjadi hulu bagi kemajuan bangsa Indonesia.
    "Dari seluruh kegiatan yang ada di Indonesia, karya guru adalah hulu dari kemajuan bangsa," kata dia.
    Ketua PGRI Kabupaten Kubu Raya Frans Randus mengharapkan agar momentum peringatan hari guru ini dijadikan sebagai sarana refleksi diri masing-masing guru.
    "Para guru diharapkan dapat melihat sejauh mana mereka sudah menjalankan tugas mereka dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam pengabdian sebagai tenaga pengajar dan pendidik bagi anak-anak Indonesia, dengan begitu pengabdian akan lebih bermakna di mata masyarakat," katanya. 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015