Ketapang (Antara Kalbar) - Berbagai elemen di Kabupaten Ketapang menggelar rapat koordinasi Dukungan Elemen Satuan Kerja (Desk) Pilkada agar pelaksanaannya berlangsung aman, lancar dan damai.
    Rapat dibuka Bupati Ketapang yang diwakili oleh Asisten I Setda Ketapang, Donatus Franseda. Koordinasi yang dihadiri seluruh anggota tim desk pilkada terdiri dari SKPD, Danramil,  dan kecamatan tersebut dihadirkan narasumber dari Kantor Kesbangpol dan Linmas Ketapang, Polres Ketapang, Kodim 1203 Ketapang dan Kejaksaan Negeri Ketapang.
    Donatus Franseda menegaskan, Desk Pilkada dibentuk untuk mendukung satuan kerja dalam pelaksanaan pilkada serentak agar berlangsung secara aman, adil dan lancar. Dengan adanya Desk Pilkada, dapat dilakukan pemantauan, inventarisasi berbagai persoalan pelaksanaan pilkada termasuk juga deteksi dini kemungkinan yang bisa mengganggu kelancaran.
    Karena itu, lanjut dia, dalam mendukung semua tahapan pelaksanaan pilkada, anggota tim Desk Pilkada untuk selalu koordinasi secara berjenjang. Tidak lupa ia juga mengingatkan pentingnya netralitas PNS dalam pelaksanaan tahapan pilkada.
    "Pada intinya kita mengharapkan pelaksanaan Pilkada yang dilaksanakan oleh penyelenggara, dalam hal ini pihak KPU Ketapang dapat berjalan secara adil, aman dan lancar, dan Kabupaten Ketapang selalu kondusif," kata Donatus Franseda.
   Sebelumnya, Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Ketapang, Sahat Sirait menjelaskan rapat koordinasi  Desk Pilkada dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pilkada. Pembentukannya pun sesuai instruksi Kemendagri agar setiap pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada membentuk Desk Pilkada.
    Dimana tujuannya mengumpulkan dan mendata informasi terkini mengenai penyelenggaraan pemilukada. Dengan harapan, apabila ada persoalan yang terjadi dapat segera diantisipasi demi kelancaran penyelenggaraan.
   Untuk pola pengamanan pilkada yang dipaparkan oleh Kapolres Ketapang melalui Kabag Ops Polres Ketapang, Kompol Hendrayuti ia juga mengharapkan pentingnya informasi. Harapannya dalam koordinasi, sebaiknya segala informasi yang disampaikan hendaknya harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum ditindaklanjuti lebih lanjut.
    Hal ini disampaikannya juga terkait dengan berbagai insiden dan pengalaman selama pelaksanaan tahapan pilkada berlangsung. Untuk memastikan pelaksanaan penegakan hukum dapat ditangani dengan baik, maka Kejaksaan Negeri Ketapang sudah membentuk tim yang khusus menangani kasus pilkada.

Pewarta: Andi Chandra

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015