Pontianak  (Antara Kalbar) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak, Jumat, menggelar bakti sosial dalam rangka Dirgahayu Hari Armada Republik Indonesia tahun 2015, di Taman Alun-alun dan Sungai Kapuas Pontianak.

"Kegiatan bakti sosial dalam membersihkan kawasan Taman Alun-aluan Kapuas dan Sungai Kapuas, guna menciptakan lingkungan bersih, apalagi kedua kawasan tersebut merupakan objek wisata di Kota Pontianak," kata Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Heru Santoso di Pontianak.

Ia menjelaskan, tujuan utama dari kegiatan membersihkan Taman Alun-alun Kapuas dan Sungai Kapuas dari sampah tersebut juga sebagai maksud untuk mengajak masyarakat Kota Pontianak dan sekitarnya agar memelihara kebersihan lingkungannya dan Sungai Kapuas khususnya.

Heru mengimbau kepada masyarakat Kota Pontianak untuk selalu menjaga dan peduli bersama-sama terhadap kebersihan lingkungan, kerapian, keindahan dan keamanan lingkungan taman kota agar menjadi nyaman bagi pengunjung dan menjadi obyek wisata rekreasi sehingga menjadi kebanggaan warga Pontianak maupun turis mancanegara.

"Apalagi Sungai Kapuas merupakan urat nadi, sehingga semua pihaknya hendaknya turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan dan Sungai Kapuas dengan tidak membuang sampah dalam bentuk apapun ke sungai," ujarnya.

Lebih lanjut, Heru menyampaikan Lantamal XII Pontianak telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam menyambut Dirgahayu Hari Armada RI tahun ini dengan berbagai kegiatan antara lain, upacara parade, pertandingan olahraga sepak takraw dan bola voly antar satuan kerja Lantamal XII, Operasi Penegakan Ketertiban (Opsgaktib) Pomal Lantamal XII dengan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor dinas maupun pribadi, penertiban penggunaan atribut dan kelengkapan seragam TNI seluruh prajurit serta PNS yang Lantamal XII Pontianak.

Selanjutnya, dilanjutkan pelaksanaan bakti sosial kesehatan, berupa melakukan fogging di Komplek TNI Angkatan Laut serta perumahan sekitar Markas Komando Lantamal XII, katanya.

Dirgahayu Hari Armada RI Tahun 2015, bertemakan "Armada RI Yang Kuat, Hebat dan Profesional Siap Menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia", kegiatan bakti sosial dilaksanakan seluruh personel Lantamal XII Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Lantamal XII dan unsur-unsur maritim Kota Pontianak.

(U.A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015