Pontianak (Antara Kalbar) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Heru Santoso memimpin upacara Hari Nusantara Tahun 2015 di lapangan Mako Lantamal XII Pontianak, Senin.

Heru Santoso dalam memimpin upacara Hari Nusantara 2015, saat membacakan amanat tertulis Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti selaku Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia di Pontianak, mengatakan bahwa memperingati Hari Nusantara yang dilaksanakan pada setiap tanggal 13 Desember untuk memeperingati Deklarasi Djuanda yangh dicetuskan tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Djuanda Kartawijaya.

Peringatan Hari Nusanatara bertujuan untuk mengingatkan kembali serta mengubah mindset  bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang yang berimbang antara matra darat dan matra laut, hal tersebut sejalan dengan visi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengenai poros maritim dunia, yang diharapkan akan mewujudkan dalam bentuk Indonesia sebagai kekuatan maritim yang bersatu (unity), sejahtera (prosperity), dan berwibawa (dignity).

Selanjutnya, puncak acara peringatan Hari Nusantara Tahun 2015 dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Lampulo Banda Aceh, yang bertemakan "Kekayaan Energi dan Sumber Daya Mineral Untuk Pembangunan Indonesia Sebagai Poros Maritim Guna Mewujudkan Kejayaan dan Kemakmuran Bangsa".

Makna dari tema tersebut, adalah mengingatkan kembali bahwa bangsa ini adalah bangsa yang kaya, oleh sebab itu segala bentuk sumber daya alam khususnya yang dapat diperbaharui haruslah digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat, guna mewujudkan cita-cita besar para pemimpin kita menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Turut hadir pada upacara Hari Nusantara tersebut, Wakil Komandan Lantamal XII Pontianak Kolonel Marinir Andi Rukman, para Asisten Danlantamal XII Pontianak, para Kadis/Kasatker jajaran Lantamal XII Pontianak serta Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal XII Pontianak.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015