Pontianak (Antara Kalbar) - Tim Gegana Detasemen Brimob Polda Kalbar bekerja sama dengan Polres Singkawang akan melakukan sterilisasi di empat gereja yang ada di Kota Singkawang, Kamis (24/12).

Humas Polres Singkawang Iptu Gatot Sukoco, Rabu, mengatakanada sekitar 12 personel yang akan melakukan sterilisasi dengan menggunakan alat detektor untuk mengantisipasi secara dini agar tidak ditemukan yang aneh-aneh sewaktu umat Kristiani melaksanakan ibadah di gereja.

Dia menyebutkan, empat gereja yang dimaksud adalah Gereja St Fransiskus Assisi Jl. P Diponegoro, Gereja Santapan Rohani Indonesia (GSRI) Jl. Kalimantan, Gereja Kristen Kalimantan Barat (GKKB) Jl. Stasiun, dan Gereja Sungai Yordan di Jalan Firdaus.

"Semua celah-celah, di dalam maupun di luar gereja akan disterilkan, supaya tidak ditemukan hal-hal yang aneh sewaktu umat Kristiani melaksanakan ibadah di gereja," katanya.

Di samping itu, pihaknya juga akan memprioritaskan pengamanan 31 gereja yang ada di Kota Singkawang, yakni 9 gereja di Kecamatan Singkawang Selatan, 12 gereja di Kecamatan Singkawang Barat, 5 gereja di Kecamatan Singkawang Timur, dan 5 gereja di Kecamatan Singkawang Tengah.

Sementara untuk masjid, karena berkaitan dengan Maulid Nabi, ada 9 masjid yang menjadi prioritas. "Itu pun yang lokasinya berdekatan dengan gereja saja," jelasnya.

Terkait pengamanan di masing-masing gereja, akan dilihat karakteristik masing-masing tempat ibadah.

"Yang kita prioritaskan untuk personel, salah satunya di gereja Fransiskus Assisi di Jalan P Diponegoro," ujarnya.

Dia juga mengimbau agar pihak gereja juga dapat menunjuk petugas jaga di tempat ibadahnya. ***2***

(KR-RDO)



Sigit Pinardi

(U.KR-RDO/C/S024/S024) 23-12-2015 21:52:09

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015