Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak akan menyajikan berbagai informasi seputar kota setempat guna mewujudkan "smart city" atau kota cerdas, kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Pontianak Rudi Enggano Kenang.

"Pemkot Pontianak berencana meluncurkan aplikasi berbasis sistem android bernama `Pontianak Explorer` guna menyajikan berbagai informasi seputar Kota Pontianak," kata Rudi Enggano Kenang di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, pihaknya hari ini bersama pengembang aplikasi membahas persiapan terkait akan diluncurkannya aplikasi Pontianak Explorer. Dengan adanya aplikasi itu akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi seputar Kota Pontianak.

"Aplikasi ini sangat bagus sebab saat ini Pemkot belum memiliki aplikasi serupa yang berbasis android. Terlebih para pengguna smartphone berbasis android jumlahnya cukup banyak, ungkapnya.

Namun ia meminta kepada pihak pengembang aplikasi Pontianak Explorer untuk mengintegrasikan aplikasi itu dengan sejumlah SKPD yang ada di lingkungan Pemkot Pontianak.

Rudi berharap terintegrasinya aplikasi itu dengan SKPD akan memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, pihak pengembang aplikasi Pontianak Explorer, Delfato menyatakan ke depan pihaknya siap membuat sistem aplikasi ini terintegrasi langsung dengan sejumlah SKPD.

Program atau aplikasi berbasis android ini diperkirakan menelan dana sekitar Rp400 juta dan rencananya akan diluncurkan bulan Maret 2016. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa diakses secara umum terutama bagi para pengguna smartphone berbasis android.

Para pengguna nantinya bisa mengunduh dan memasang aplikasi ini melalui Google Playstore, katanya.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016