Pontianak (Antara Kalbar) - Universitas Tanjungpura Pontianak menyiapkan 6.000 kouta bagi calon mahasiswa baru pada tahun ajaran 2016-2017 ini.

"Untuk kouta penerimaan mahasiswa baru di Untan pada tahun 2016/2017 ini ada sekitar 6.000 orang untuk sembilan fakultas yang ada di Untan," kata Koordinator Humas SNMPTN-SBNPTN Universitas Tanjungpura Pontianak, Ida Fitria di Pontianak, Rabu.

Dari kouta mahasiswa baru tersebut, katanya, 40 persen yang disiapkan untuk jalur SNMPTN dan SBNPTN. Sementara sisanya disiapkan untuk jalur mandiri, undangan dan lainnya.

Ida mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan sosialisasi kepada pihak terkait seperti Dinas Pendidikan dan pihak sekolah yang ada di seluruh Kalbar.

"Untuk jadwal SNMPTN 2016 ini tahapannya sudah dimulai sejak tanggal 18 Januari kemarin berupa proses pengisian dan verifikasi PDSS yang akan dilakukan sampai dengan tanggal 20 Februari nanti. Kemudian pad tanggal 29 Februari sampai 12 Maret akan ada proses pendaftaran SNMPTN dan proses seleksi dilakukan pada tanggal 24 Maret sampau 8 Mei kemudian hasilnya akan diumumkan pada tanggal 10 Mei," tuturnya.

Dia menjelaskan, dalam proses penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif serta tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah pendidikan menengah menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik.

Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.

Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN dengan asumsi bahwa sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan karakter.

"Dengan demikian, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar, serta mendorong dan mendukung siswa dalam proses pendaftaran," katanya.

Ida menambahkan, bagai masyarakat yang ingin mengetahui informasi lengkap terkait SNMPTN dan SBNPTN dapat mengakses www.snmptn.ac.id atau menelpon bagian BAK Untan di nomor telepon 0561-740189.***4***

(KR-RDO)

(U.KR-RDO/T011)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016