Ketapang (Antara Kalbar) - Bupati Ketapang Martin Rantan mengharapkan anggota Satuan Pol PP untuk tanggap, disiplin, tertib sehingga bisa memberi contoh kepada masyarakat.
    "Jangan sampai, kita melakukan penertiban, misalnya PKL, tetapi pada diri kita sendiri belum tertib. Apalagi dalam penegakan perda, keberadaan satpol PP sangat strategis dalam membantu tugas-tugas Bupati dan Wakil Bupati Ketapang," kata Martin Rantan saat sidak ke Satpol PP Ketapang.
    Terkait dengan rencana mengajak Satpol PP Ketapang lari-lari siang, Bupati Ketapang itu adalah bentuk rencana kedisiplinan. Ia mengakui, Satpol PP memang tidak sama dengan Polisi dan TNI yang berbasis militer.
    Namun, untuk penegakan Perda memang sudah menjadi tugas pokok dan fungsi Pol PP. Selain rencana mengajak lari-lari siang hari, Martin Rantan juga merencanakan perlunya anggota Satpol PP mendapat pelatihan khusus.
    Pihaknya merencanakan akan melakukan kerja sama dengan pihak TNI dalam membentuk latihan dasar bagi satuan Pol PP sehingga lebih disiplin dan mempunyai dedikasi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya yang lebih baik.
    "Kita akui, untuk saat ini anggaran kita masih sangat terbatas, bagaimana sumber pendanaan untuk pelatihan tersebut nanti akan pikirkan dan diskusikan bersama, kalau untuk lari-lari siang seandainya ada yang sakit jangan dipaksakan untuk harus ikut," tegas Martin Rantan.
    Terkait dengan keberadaan tata laksana organisasi Satuan Pol PP, apakah kedepan masih berbentuk eselon II atau Eselon III, tentunya menunggu kajian mendalam berikut ketersediaan anggaran. Terlepas dari keberadaan esselon tersebut, dia meminta Satuan Pol PP tetap bekerja dengan sepenuh hati dan meningkatkan kinerja sehingga Kabupaten Ketapang lebih baik dan maju selaras dengan visi dan misi Bupati dan  Wakil Bupati Ketapang periode 2016-2021.


Pewarta: Andi Chandra

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016