Pontianak - Cargill, induk perusahaan perkebunan PT Harapan Sawit Lestari dan Poliplant Group di Kalimantan Barat, menggelar rangkaian penyuluhan mengenai ASI, nutrisi anak dan gaya hidup sehat yang melibatkan karyawan bersama pemerintah dan masyarakat.
   Kegiatan ini terkait perayaan Hari Nutrisi Nasional yang diperingati setiap tanggal 28 Februari. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, provinsi seperti Kalimantan Barat dan Sumatera Selatan di mana Cargill beroperasi termasuk di dalam daftar provinsi dengan tingkat malnutrisi yang tinggi. Kalimantan Barat dan Sumatera Selatan menduduki rangking 6 dan 24 dari 34 provinsi dengan jumlah anak kekurangan gizi yang tinggi.
    Pada penyuluhan yang melibatkan 200 ibu dari PT Harapan Sawit Lestari di Kabupaten Ketapang dan masyarakat sekitar, para ibu belajar mengenai manfaat air susu ibu dan pentingnya mengenalkan pola makan sehat sejak dini.
    Rani Maasong, istri dari Kepala Adat Desa Air Tarap di Kecamatan Kendawangan, selama ini memahami konsep yang salah dengan memilih susu formula ketimbang ASI. "Saya memberikan bayi saya susu formula karena saya berpikir bahwa susu formula lebih bergizi. Namun, saya sekarang mengerti bahwa air susu ibu mengandung nutrisi yang tepat dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Kami mengajurkan agar bayi diberikan ASI selama enam bulan awal setelah kelahiran," katanya.
    Sementara Siti Dewi, istri karyawan Cargill dan anggota Jungle Queen, organisasi wanita di Cargill, berbagi mengenai kemudahan yang diberikan Cargill untuk para ibu seperti "waktu istirahat untuk menyusui pada jam kerja dan pilihan untuk bekerja di dekat tempat penitipan anak".
    Ia melanjutkan, ibu memiliki tanggung jawab untuk membangun pondasi agar anak tumbuh dengan sehat, kuat, dan menjadi anak yang aktif hingga dewasa.
    ASI telah terbukti dapat menekan angka kematian bayi dan penyakit serta mendorong pertumbuhan otak. Selain itu, menyusui dapat mengurangi kemungkinan kanker ovarium, payudara, dan rahim pada ibu.
    Selain itu, asupan makanan di pagi hari juga perlu perhatian. Anak-anak yang mengkonsumsi sarapan tiap harinya diyakini akan menjadi lebih kreatif, memiliki kemampuan memecahkan masalah, serta kesadaran emosi dan perilaku yang lebih baik.
   PT Hindoli, perusahaan perkebunan Cargill di Sumatera Selatan, membagikan bekal sarapan yang berisi roti dan susu kepada 1.100 murid SDN 1 Sungai Lilin pada perayaan Hari Nutrisi Nasional.
    Dr. Merryah, dokter PT Hindoli, menjelaskan manfaat dari memulai hari dengan sarapan sehat. "Tubuh anak membutuhkan energi yang cukup selama masa pertumbuhan karena mereka memiliki tingkat metabolisme yang tinggi. Mereka butuh asupan makanan bernutrisi selama masa ini. Sarapan roti ditambah dengan susu akan memberikan mereka karbohidrat, vitamin B dan D, zat besi, serat, dan kalsium yang baik bagi pertumbuhan mereka".
    Di perkebunan Cargill di Kalimantan Barat, Poliplant Group, para karyawan beserta keluarga membagikan sarapan sehat termasuk bubur kacang hijau, sereal, dan susu kepada 600 siswa sekolah dasar negeri yang kebanyakan dari mereka datang dari keluarga tidak mampu dan perhatian akan nutrisi tidak menjadi prioritas bagi mereka.
    "Dengan dukungan Cargill, kami bisa mengubah cara pandang kami akan makanan dan mendukung manfaat jangka panjang akan gaya hidup sehat sejak dini," tegas Kusmono, Kepala Desa Kendodong.
    Ia mengaku ingin agar anak-anak tumbuh dengan sehat hingga dewasa dan produktif. "Kami ingin mereka bisa mengejar mimpi mereka dan berkontribusi bagi masa depan Indonesia," ujar Kusmono optimistis.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016