Sanggau (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot, M Si mengatakan bila anak dibiarkan tumbuh dan berkembang tanpa perlindungan maka mereka akan menjadi beban pembangunan dan menjadi generasi yang lemah, tidak produktif dan tidak terampil.
    "Anak merupakan potensi yang sangat penting, penentu kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa yang akan menjadi pilar utama pembangunan nasional.  Makanya, perlu ditingkatkan kualitasnya dan mendapat perlindungan secara sungguh- sungguh dari semua elemen masyarakat," ungkap Ontot saat membuka Forum Anak Daerah (FAD) di Sanggau.
    Menurut Ontot, SDM yang berkualitas tidak dapat lahir secara alamiah. Disisi lain, Pemkab Sanggau pada tahun 2012 telah mensosialisasikan kebijakan kabupaten tentang Kota Layak Anak (KLA) dan berkomitmen akan menuju Kabupaten Sanggau Layak Anak pada tahun 2021.
    "Untuk mewujudkan Kabupaten Sanggau Layak Anak diminta keseriusan kita semua. Untuk ikut memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak tersebut, kemudian dengan ditetapkannya Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2013 tentang penyelenggaran perlindungan anak," tegasnya.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016