Singkawang (Antara Kalbar) - Sebuah lahan kosong tak jauh dari STKIP, Sekolah Alam dan Autis Singkawang di Kelurahan Sungai Bulan, Kecamatan Singkawang Utara, Senin (11/4) sore terbakar. Beruntung kebakaran tersebut berhasil dipadamkan oleh empat petugas Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS) Singkawang.   
    Fatur, warga setempat mengatakan, kebakaran lahan diperkirakan terjadi sekitar pukul 18.00 WIB dan mulai membesar setelah sholat Isya.
    "Diduga api berasal dari puntungan rokok yang sengaja dibuang oleh warga," kata Fatur. Dia mengetahui, api itu mulai membesar, saat dirinya usai melaksanakan sholat Isya.
    "Saya lihat, api mulai membesar di tengah-tengah lahan," ujarnya.
    Menurutnya, lahan yang terbakar itu merupakan lahan yang baru saja dibuka pemiliknya dengan cara di tebas. "Mungkin rumput yang sudah kering itu apabila terkena api dapat menimbulkan kebakaran seperti sekarang ini," ungkapnya.
    Sebelumnya, Kapolda Kalimantan Barat, Brigjen Polisi Arief Sulistyanto, mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama menciptakan "Zero Hotspot" sepanjang tahun 2016 dengan tidak membakar lahan. "Saya tekankan agar di tahun 2016 jangan sampai ada hotspot (titik api) khususnya di wilayah Kalbar," katanya.

Pewarta: Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016