Pontianak (Antara Kalbar) - PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar) merayakan HUT yang ke-52 bertepatan pada Jumat (15/4) tahun 2016.
    Pihak Divisi Corporate Secretary Bank Kalbar merilis tentang kisah 52 tahun lalu, ketika di Gedung Pantjasila, berdiri tegap sosok panutan pemimpin Kalbar, Gubernur JC Oevaang Oeray. Beliau berkata, "Aku titipkan sebutir biji sawi--tebar dan sebar agar terus tumbuh besar dalam rangka membangun perekonomian daerah Kalimantan Barat!".
    Sebuah pernyataan penuh kesan di mana Bank Kalbar yang dahulu saat diresmikan hanya menempati ruangan 4x6 meter, modal dasar pemda Rp20 juta serta karyawan yang bisa dihitung dengan jari. Kini, Bank Kalbar telah menjelma sebagai lebih dari 300 jaringan, modal Rp1,5 triliun dan karyawan 1.600 orang.
    Tidak hanya gedung kantor cabang utama dan kantor pusat yang berada di Jalan Rahadi Oesman no.10 Kota Pontianak berdiri megah bergaya kosmopolitan, namun juga kantor cabang maupun jaringan seluruh kabupaten maupun kota. Semua terus mengalami transformasi sebagai "landmark" Bumi Khatulistiwa.
    Bermula dari Tanah Seribu--hari ini 15 April, 52 tahun yang lalu ibarat irama musik. Rentak gendangnya terus bertabuh, alunannya riuh, semangat membangun perekonomian daerah membara tanpa mengeluh mengaduh. Tiada keluh, rasa, asa dan karsa ditempuh untuk menggerakkan bank milik pemerintah daerah untuk sebesar-besarnya kemakmuran Rakyat Indonesia di belahan Bumi Khatulistiwa yang luasnya 1,5 kali Pulau Jawa.
    Vina Candrawati pelukis pasir nasional menggambarkan peran vital Bank Kalbar ke dalam sebuah peta wilayah, dari peta itu dia gambarkan sambutan kepada nasabah dengan sikap ramah.
    Tugu Khatulistiwa bersinar dengan cerah sejak 15 April 1964 dimana Bank Kalbar mulai bergerak. Bank Kalbar memang hadir dengan penuh dedikasi, memberi pelayanan sepenuh hati. Dengan produk unggulan yang kompetitif syarat arti. Aktif menjemput bola dengan 25.000 gerai mesin anjungan langsung tunai (ATM-Bersama) di seluruh persada Nusantara, bahkan untuk melayani nasabahnya. Pada hari Sabtu dan Minggu yang notabene libur tetap buka sesuai jam kerja khususnya di Ayani Mega Mall Pontianak, Bank Kalbar terus eksis membangun perekonomian daerah semakin terpercaya, bersahabat, dan profesional.
    Berbagai upaya dan kerja keras seluruh jajaran Bank Kalbar pada tahun 2015  tercermin dari keberhasilan memenuhi target, diikuti pula pengakuan lembaga independen yang berujung atas prestasi yang diperoleh Bank Kalbar sepanjang tahun 2015. Diantaranya Bank Kalbar kembali dinobatkan sebagai Bank dengan predikat "Sangat Bagus" selama 15 tahun berturut-turut (tahun 2000 s/d 2014) oleh majalah Infobank dan menerima "Platinum Trophy". Penghargaan yang diperoleh, harus menjadi momentum bagi Bank Kalbar untuk lebih meningkatkan kompetensi, kualitas layanan dan kinerja, sehingga masyarakat Kalimantan Barat dapat merasakan langsung sentuhan yang profesional.
   Kurun waktu 52 tahun bukan merupakan kurun waktu yang singkat untuk menjalin suatu integrasi proses bisnis di dalam Bank Kalbar sebagai suatu jasa layanan perbankan, sesuai dengan tujuan, visinya sebagai perusahaan jasa perbankan yang berkinerja tinggi, berkembang secara wajar serta memiliki nilai tambah bagi masyarakat.
    Perubahan kondisi yang dihadapi oleh Bank Kalbar, hendaknya harus disikapi sebagai suatu kondisi yang memaksa (sense Of Urgency) atas perubahan dalam tatalaksana Bank Kalbar. Adopsi atau terobosan inovasi diimplementasikan di bidang Teknologi Informasi yang canggih dan berwawasan masa depan. Kemudian pendayagunaan aset, mempertajam fokus bisnis agar tetap relevan dengan perkembangan bisnis dan masyarakat.
    Program transformasi BPD agar Bank Pembangunan Daerah menjadi bank yang kompetitif kuat dan kontributif bagi pembangunan daerah yang telah dilaunching oleh Presiden RI Joko Widodo tanggal 26 Juni tahun 2015 di Istana Negara Jakarta.     Seluruh Bank Pembangunan Daerah, termasuk Bank Kalbar harus melaksanakan program Transformasi tersebut agar mencapai tujuan "Menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat serta berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan dapat menjadi kenyataan ".
    Dalam laporan Keuangan audited posisi 31 Desember 2015, total aset yang dimiliki oleh Bank Kalbar Rp13,035 triliun jika dibandingkan 4 tahun kebelakang (2011) sebesar Rp7,126 triliun maka terjadi peningkatan sebesar Rp5,909 triliun atau 82,92 persen dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 17,33 persen.
    Jumlah Dana Pihak Ketiga mencapai Rp10,907 triliun jika dibandingkan tahun 2011 sebesar Rp6,189 triliun, meningkat sebesar Rp4,718 triliun atau 76,23 persen dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 18,66 persen. Serta Kredit dan Pembiayaan yang disalurkan sebesar Rp9,020 triliun, jika dibandingkan tahun 2011 sebesar Rp4,797 triliun meningkat sebesar Rp4,223 triliun atau 88,03 persen dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 18,09 persen.
    Total Laba tahun berjalan Rp289,52 miliar jika dibandingkan tahun 2011 sebesar 174,07 miliar yang artinya mengalami peningkatan sebesar Rp115,45 miliar atau 66,32 peren dengan pertumbuhan rata-rata 10,25 persen.
    Untuk Kredit Mikro yang telah dihimpun pada Desember 2015 sebesar Rp826 juta dengan jumlah debitur 13.492. Didukung dengan perluasan jaringan Kantor dan Pelayanan, hingga akhir Desember 2015 berjumlah 469 unit, jika dibandingkan tahun 2011 sebanyak 212 unit, meningkat sebanyak 257 unit atau 121,23 persen dengan pertumbuhan rata-rata 29,28 persen.
    Total Modal inti dan pelengkap tahun 2015 sebesar Rp1,722 triliun sehingga ratio CAR 21,76 persen. Saat ini pemegang saham Bank Kalbar terus berkomitmen untuk menambah setoran modal sehingga modal disetor saat ini tercatat Rp743 miliar, melampaui target Rp650 miliar pada 2015.
    Dengan kepercayaan lebih yang diberikan oleh pemegang saham ini merupakan amanah yang harus dijaga, pelihara serta kelola dengan baik dan bertanggungjawab, sehingga misi Bank Kalbar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, mengelola dana masyarakat & Pemda serta mendorong pengembangan usaha, terutama usaha kecil dan  menengah dapat dicapai secara maksimal.
    Ulang Tahun ke-52 Bank Kalbar mengusung Tema ulang "Smart, Care and Fun", memiliki makna dan harapan bagi setiap insan dan nasabah Bank Kalbar. Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan seperti Khitanan Massal, anjangsana ke panti-panti asuhan dan kesusteran, berbagai kegiatan olah raga dan jalan santai bersama keluarga sebagai acara pembukaan rangkaian kegiatan HUT ke-52 Bank Kalbar dan masih banyak rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan seperti Turnamen Golf, Donor Darah lomba Cerdas Cermat dan Adzan.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016