Pontianak  (Antara Kalbar) - Dinas Pertanian dan Holtikultura provinsi Kalimantan Barat terus meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan produktivitas pertanian di provinsi itu, salah satunya dengan terus bersinergi bersama TNI AD.

"Kita merasa sangat terbantu sekali dari TNI AD, karena dengan kerja sama yang baik, kita bisa menjaga kekompakan antara Dinas Pertanian dengan TNI AD. Alhasil, sampai saat ini, kita telah banyak membuka lahan pertanian baru yang dilakukan oleh para prajurit TNI," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, Hazairin di Pontianak, Kamis.

Sebagaimana diketahui Kementerian Pertanian RI dengan TNI AD telah menandatangani nota kesepakatan kerja sama Program Pertanian Dalam Rangka Mendukung Swasembada Pangan Nasional dan ini merupakan salah satu program kerjasama Kodam XII/Tpr dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat.

Dari kerja sama itu telah tercipta pengawalan peningkatan produktivitas pangan oleh TNI AD yang bertangung jawab di lapangan, sedangkan untuk teknis pelaksanaan yang bertanggung jawab adalah Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat.

"Kerja sama seperti ini yang akan terus kita tingkatkan, tidak hanya dengan TNI AD, tetapi juga dengan berbagai pihak terkait lainnya seperti Bank Indonesia dan lain sebagainya. Dengan adanya kerjasama itu, saya yakin kedepan Kalbar mampu bisa memiliki kedaulatan pangan yang baik," katanya.

Ditempat yang sama Panglima Kodam XII/TPr Mayjen Agung Risdhianto mengatakan berbagai upaya telah diprogramkan dan dilakukan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah serta berbagai pihak pelaku pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia.

Namun akibat perubahan iklim (Pemanasan global) serta keterbatasan lahan yang semakin sempit disertai dengan bencana alam, upaya peningkatan produktivitas pangan nasional belum dapat tercapai secara optimal.

"Untuk kita akan terus berkoordinasi dengan dinas pertanian Kalbar, agar kita bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan," katanya.***3***

(KR-RDO)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016